ILustrasi
ILustrasi ( Shutterstock)

3 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung. Apa Sajakah Itu

7 Maret 2021 07:11 WIB


SonoraBangka.Id - Aktif secara fisik adalah langkah besar untuk menuju kesehatan jantung yang lebih baik. Hal ini bisa dilakukan dengan berolahraga.

Olahraga adalah salah satu cara yang paling efektif untuk memperkuat otot jantung, menjaga berat badan terkendali, dan menangkal kerusakan arteri penyebab serangan jantung maupun stroke. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga dan Anda tidak harus menjadi seorang atlet.

Bahkan berjalan-jalan cepat selama 30 menit sehari dapat membuat perbedaan besar terhadap kesehatan jantung. Setelah Anda memulai olahraga, Anda akan merasakan manfaatnya.

Orang yang tidak pernah berolahraga hampir dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung daripada orang yang aktif. Olahraga teratur antara lain dapat membantu untuk:

  • Membakar kalori
  • Turunkan tekanan darah
  • Mengurangi kolesterol jahat (LDL)
  • Tingkatkan kolesterol baik (HDL)
  • Turunkan kadar gula darah

Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan untuk dapat memulainya.

Apa saja? Pertama, pikirkan tentang apa yang ingin Anda lakukan dan seberapa bugar Anda.

Lantas, apa yang terasa menyenangkan?

Apakah Anda lebih suka berolahraga sendiri, dengan pelatih, atau di kelas?

Apakah Anda ingin berolahraga di rumah atau di gym?

Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang lebih sulit dari apa yang dapat Anda lakukan saat ini, tidak masalah.

Anda dapat menetapkan tujuan dan membangunnya secara perlahan. Misalnya, jika Anda ingin mencoba berlari, Anda dapat memulai dengan berjalan kaki terlebih dahulu dan kemudian menambahkan variasi joging ke dalam sesi jalan kaki Anda.

Mulailah berlari lebih lama dari waktu Anda berjalan secara bertahap. Jangan ketinggalan, Anda perlu juga untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum menjalani rutinitas olahraga.

Dokter dapat membantu memastikan Anda siap untuk aktivitas apa pun yang ada dalam pikiran Anda dan memberi tahu Anda tentang batasan apa saja yang mesti Anda lakukan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm