ILustrasi
ILustrasi ( Shutterstock)

Anda Harus Tahu Dan Memahami Penyebab dan Gejala Alergi Penisilin

7 Maret 2021 10:46 WIB


SonoraBangka.Id - Ketika mengalami infeksi bakteri, dokter biasanya meresepkan penisilin. Sayangnya, penisilin bisa saja menyebabkan reaksi alergi.

Alergi penisilin bisa memicu gejala seperti gatal-gatal dan ruam. Dalam kasus yang parah, alergi penisilin bisa memicu anafilaksis yang mengancam jiwa.

Seperti apa alergi penisilin?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penisilin adalah antibiotik yang biasanya diresepkan untuk membantu melawan berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Mulai dari sakit telinga, infeksi sinus, pneumonia hingga meningitis, biasanya diobati dengan penisilin.

Namun, sekitar 10 persen orang di dunia ini mengalami alergi oenisilin. Selain itu, sekitar 80 persen dari mereka yang pernah alergi obat kehilangan kepekaan terhadap penisilin setelah 10 tahun.

Ketika mengalami alergi penisilin, dokter biasanya menggunakan antibiotik alternatif. Akan tetapi, antibiotik alternatif harganya seringkali lebih mahal dan bisa memicu efek samping lebih besar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm