Bupati Bangka, Mulkan panen sejumlah sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Bangka Setara, Senin (8/3/2021)
Bupati Bangka, Mulkan panen sejumlah sayuran hidroponik di Kebun Hidroponik Bangka Setara, Senin (8/3/2021) ( Diskominfotik Bangka/ A Mangatas)

Bupati Bangka Menggelar Panen Raya Sayuran di Kebun Hidroponik

9 Maret 2021 10:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Bupati Bangka, Mulkan melakukan panen sejumlah sayuran hidroponik yang berada di Kebun Hidroponik Bangka Setara pada Senin (8/3/2021) kemarin.

Beberapa sayuran yang telah siap panen tersebut yaitu diantaranya sawi manis, bayam brazil, pakcoy dan sawi pagoda.

Ia menuturkan, melalui panen raya ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat dalam hal upaya pemanfaatan lahan perkarangan. Terlebih lagi melalui mekanisme hidroponik akan lebih evisien serta terawat.

"Ini merupakan contoh bagi masyarakat sehingga masyarakat lebih tertarik untuk menanam sayuran meskipun di lahan sempit. Selain waktu panen yang lebih cepat sayuran hidroponik ini juga sehat bebas pestisida," ungkap Mulkan.

Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka juga telah memanfaatkan sejumlah lahan yang dimiliki.

Diantaranya yakni bekas kantor bupati lama yang telah ditanami jagung beserta kacang tanah dan kini juga ditanami bawang merah.

Kebun hidroponik Bangka Setara sendiri telah berdiri sejak tahun 2019. Selain sebagai contoh budidaya sayuran di pusat kota, hadirnya Kabun Hidroponik Bangka Setara juga menjadi tujuan wisatawan untuk membeli atau belajar teknik hidroponik.

Kepala Pengurus Kebun Hidroponik Bangka Setara, Dodi menjelaskan saat ini kebun telah memiliki 1.700 lubang tanam serta 400 lubang persemaian.

Jumlah tersebut akan terus ditingkatkan guna memenuhi kebutuhan sayuran hidroponik di masyarakat.

"Permintaan sayuran kita cukup banyak, bahkan restoran restoran di seputaran Sungailiat juga ada yang rutin memesan di kami. Sebelumnya mereka harus memesan sayuran dari luar daerah kini kita telah mampu memproduksinya dengan sistem hidroponik," ungkap Dodi.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm