Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock )

Apakah Meditasi Harus Lama, Agar Bisa Berhasil ? Berikut Penjelasannya

11 April 2021 15:25 WIB

SonoraBangka.id Sejak dahulu, para ahli mempercayai meditasi dapat memberi sensasi rileks dan meringankan stres. 

Meditasi adalah aktivitas yang berguna untuk kesehatan dan bisa membuat fokus kita menjadi lebih baik.

Banyak yang telah menerapkannya, termasuk selebritas dunia seperti Oprah Winfrey, Beyonce, dan Lady Gaga dan telah mengakui manfaatnya.

Berdasarkan studi, meditasi memberi beragam manfaat, seperti pengurangan rasa sakit, menurunkan tekanan darah, penurunan risiko depresi dan kecemasan, serta peningkatan kinerja kognitif.

“Meditasi memungkinkan kita untuk fokus pada perawatan tubuh, perasaan, pikiran, dan keadaan mental,” kata psikoterapis Marianela Medrano, PhD, pendiri Palabra Pusat Konseling dan Pelatihan di Stamford, Connecticut.

“Kesadaran seperti itu membantu membuat pilihan yang lebih penuh kasih tentang diri kita sendiri dan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.” 

Ada banyak bentuk meditasi, beberapa di antaranya membutuhkan latihan yang lebih formal daripada yang lain.

“Ada bentuk meditasi devosional, meditasi terfokus atau terkonsentrasi, meditasi mantra, visualisasi, dan sebagainya,” kata Medrano.

Terlepas dari bentuk meditasi apa yang dipilih, tujuan dari meditasi adalah untuk meningkatkan kemampuan kita untuk terhubung dengan diri sendiri dan dunia di sekitar kita.

Lalu, berapa lama durasi waktu meditasi yang ideal? Apakah perlu lebih lama agar memberi manfaat?

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm