Ilustrasi gaya hidup boros
Ilustrasi gaya hidup boros ( SHUTTERSTOCK )

Agar Tak Boros di Bulan Ramadhan, Begini Cara Mengelola Keuangannya !

14 April 2021 21:31 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu periode ketika pengeluaran bertambah.

Walaupun tahun ini Ramadhan masih akan dilalui dengan aktivitas di rumah sebaiknya tetap atur  keuangan dengan baik.

Dalam survei yang dilakukan layanan keuangan digital Ovo terungkap, 6 dari 10 orang mengaku sulit mengatur keuangan selama Ramadhan.

Terlebih karena pandemi membuat kebutuhan cenderung lebih banyak.

Sementara itu, sebanyak 52 persen orang menggunakan dana darurat yang ditarik dari tabungan atau investasi guna memenuhi kebutuhan saat Ramadhan.

Berdasarkan hasil survei tersebut, perencana keuangan, Lolita Setyawati mengungkapkan bahwa mayoritas masyarakat masih sulit mengatur pengelolaan keuangan

"Kesalahan yang sering kali dilakukan saat bulan Ramadhan antara lain tidak membuat perencanaan atau anggaran dan tidak mencatat pengeluaran."

Demikian penuturan Lolita dalam konferensi pers virtual bersama Ovo, Selasa (13/4/2021).

Dia juga menambahkan, banyak orang yang mudah tergoda terhadap keinginannya dan menggunakan sumber dana yang seharusnya tidak boleh dipakai demi menunjang gaya hidup saat Ramadhan.

"Karena selama pandemi ini buka bersama (bukber) di luar rumah ditiadakan, orang-orang cenderung membeli makanan secara berlebihan atau membeli baju untuk menyambut Ramadhan virtual," terangnya.

Di samping itu, selama bulan Ramadhan juga terdapat beberapa pengeluaran tambahan seperti zakat, memberikan bingkisan baik untuk keluarga maupun kerabat, dan memberikan THR jika memiliki pegawai di rumah.

Tips agar tidak boros

Lolita mengatakan, langkah pertama dalam mengatur keuangan selama bulan Ramadhan ini adalah dengan menentukan prioritas utama dan menahan diri untuk konsumtif.

"Kalau takut impulsive buying di tempat perbelanjaan, kita bisa membuat daftar belanjaan untuk menghindari membeli hal-hal yang tidak penting," sarannya.

Selain itu, dia melanjutkan, ada baiknya apabila kita menyisihkan dana darurat maupun investasi di awal sebelum terpakai untuk berbelanja kebutuhan sehari.

Ditambahkannya pula bahwa, jika mampu dan bisa, siapkan juga dana ekstra di luar dana darurat dan investasi untuk membeli keperluan tidak terduga selama bulan Ramadhan ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan Supaya Tidak Boros", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/14/172113220/cara-mengelola-keuangan-di-bulan-ramadhan-supaya-tidak-boros.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm