Pelaku curanmor tertangkap CCTV di salah satu Indekost di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat (KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR)
Pelaku curanmor tertangkap CCTV di salah satu Indekost di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat (KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJAR) ( kompas.com)

Berikut Ini Tips Mudah Mencegah Maling Motor

23 April 2021 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pencurian sepeda motor biasanya marak terjadi saat bulan puasa atau jelang lebaran. Untuk itu, penting bagi semua pemilik motor agar meningkatkan keamanan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, Agus Sani, mengatakan, walau tidak ada yang pasti, sebetulnya ada beberapa cara untuk mencegah kemalingan motor.

"Pertama parkir di tempat yang aman, lalu usahakan gunakan kunci tambahan (bisa berupa gembok atau rantai di bagian ban)," kata Agus, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sekarang ini, sudah banyak dijual bermacam-macam kunci tambahan untuk meningkatkan keamanan motor. Ada yang ditempatkan di tuas rem, di rem cakram, di sokbreker, hingga di bagian kunci kontak.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi. Begitu pula dengan material yang digunakan.

"Kunci pengaman tambahan pada dasarnya hanya berguna untuk mempersulit atau mencegah pelaku melakukan curanmor, tapi tidak menjamin mengagalkan aksi pencurian," kata Agus.

Ditambahkan Agus, selalu tutup slot di bagian kunci motor (kunci magnetik). Lantas, hal yang biasanya lupa dilakukan pemilik motor adalah mencabut kunci motor dan mengunci setang.

Selain menggunakan kunci tambahan, pengaplikasian alarm juga perlu agar motor semakin aman. Tindakan preventif ini dinilai cukup efektif.

Namun, sebelum memasang alarm tambahan, ada yang perlu diperhatikan. Pada motor baru, pemasangan alarm tambahan dengan membuka salah satu kabel akan menggugurkan garansi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Tips Mudah Mencegah Maling Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/23/114200615/begini-tips-mudah-mencegah-maling-motor.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm