Ilustrasi sokbreker mobil (www.kwikkarrichardson.com)
Ilustrasi sokbreker mobil (www.kwikkarrichardson.com) ( kompas.com)

Gejala Kaki-kaki Mobil Mulai Rusak, Sudah Minta Diservis

9 Mei 2021 18:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kaki-kaki mobil merupakan bagian yang mempengaruhi kenyamanan berkendara untuk sebuah mobil.

Bagian ini merupakan bagian yang salah satunya berfungsi sebagai peredam guncangan pada mobil saat berkendara.

Kalau terjadi kerusakan pada kaki-kaki mobil, biasanya mobil tidak nyaman lagi dikendarai dan terdengar bunyi pada bagian kaki-kaki.

Ada beberapa indikasi kerusakan kaki-kaki mobil yang bisa diketahui pemilik mobil melaui deteksi singkat.

Deteksi singkat ini bermanfaat bagi konsumen untuk mengecek kondisi mobil pada saat akan membeli mobil dengan keadaan seken.

"Jika ada bunyi pada kaki-kaki mobil itu biasanya ada masalah, entah itu shockbreaker yang sudah minta servis atau ganti, bisa juga bushing arm dan bearingnya," kata Rochmad, pemilik bengkel spesialis kaki-kaki di Solo, Jawa Tengah kepada Kompas.com, Sabtu (8/5/2021).

Selain bunyi berdecit, kerusakan pada kaki-kaki juga bisa dilihat pada saat kondisi mobil berhenti.

Caranya, tempatkan mobil di permukaan yang rata dan lihat apakah posisi mobil miring atau tidak. Kalau posisi mobil miring, bisa dipastikan ada salah satu per atau shockbreaker yang rusak.

"Kerusakan itu biasanya karena masalah usia, selain itu pemakaian yang ngawur di jalanan rusak dan sering membawa beban berat itu juga berpengaruh," ucap Rochmad.

Selain mobil terlihat miring, kerusakan kaki-kaki mobil juga dapat dilihat dari ban yang ausnya tidak merata.

Karena ada salah satu bagian yang rusak, maka beban kendaraan akan tidak seimbang dan mengakibatkan salah satu sisi ban menopang beban lebih berat dari yang lainnya.

Jika sudah sampai seperti itu, kerusakan kaki-kaki bisa saja sudah merambat ke bagian lain. Bagian yang juga akan mengalami masalah kalau per atau shockbreaker mengalami kerusakan, dan tidak segera diperbaiki adalah bearing dan juga bushing arm yang menghubungkan arm dengan sasis kendaraan.

Lebih parah, kalau terjadi kerusakan pada kaki-kaki mobil adalah kendali kemudi tidak presisi lagi dan memerlukan koreksi pada saat mengemudi. Biasanya mobil bisa berbelok ke kanan atau ke kiri padahal posisi setir sudah lurus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gejala Kaki-kaki Mobil Mulai Rusak, Sudah Minta Diurut", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/09/102100415/gejala-kaki-kaki-mobil-mulai-rusak-sudah-minta-diurut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm