Cek busi motor sendiri saat WFH (NGK)
Cek busi motor sendiri saat WFH (NGK) ( kompas.com)

Jangan Lupa, Busi Kendaraan Juga Perlu Diganti Secara Berkala

10 Mei 2021 17:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Busi merupakan salah satu komponen yang vital pada kendaraan karena berpengaruh terhadap performa mesin. Untuk itu, kondisi busi mobil atau sepeda motor wajib diperhatikan.

Tak banyak pemilik mobil dan motor yang paham bahwa busi juga perlu diganti secara berkala. Pergantian busi ini bisa dilakukan dengan mengacu pada jarak atau waktu, yang penting lihat bagaimana kondisi pemakaiannya.

"Kalau dari pihak produsen mobil biasanya dibatasi dari jarak, tapi dari kami tidak ada batasan baku karena memang tergantung banyak hal," ujar Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Diko menambahkan, kalau ditanya baiknya ganti berdasarkan waktu atau jarak, sebenarnya hal tersebut tinggal melihat dari situasi dan kondisi saja.

"Situasi dan kondisi yang dimaksud lebih ke kondisi jalan dan pemakaian kendaraan," kata Diko.

Kalau pemakaian kendaraan lebih sering bertemu kemacetan atau lebih sering diam dibandingkan dipakai jalan, sebaiknya ganti busi berdasarkan waktu pemakaian.

Tapi, untuk mobil yang sudah dimodifikasi bagian mesinnya, tentu membutuhkan perlakuan yang berbeda. Karena, busi akan bekerja lebih keras dibanding mesin dalam kondisi standar.

"Seperti yang saya bilang, faktor komponen penentunya banyak. Saran saya lebih baik ikuti anjuran bengkel resmi, atau bila mau lebih pasti, khususnya pengguna di Jakarta, lakukan pengecekan berkala seperti tiga atau empat bulan sekali," ujar Diko.

Diko mengatakan, jika memang sudah tidak baik, bisa segera ganti untuk jaga-jaga tanpa tunggu jarak yang sudah ditentukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Busi Kendaraan Juga Perlu Diganti secara Berkala", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/10/044200815/ingat-busi-kendaraan-juga-perlu-diganti-secara-berkala.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm