Lampu indikator di motor injeksi (kompasiana)
Lampu indikator di motor injeksi (kompasiana) ( kompas.com)

Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati Terlebih Dahulu?

11 Mei 2021 22:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Sepeda motor dengan mesin berteknologi injeksi dibekali banyak lampu indikator pada panel instrumennya. 

Lampu-lampu indikator ini akan menyala bersamaan saat kunci kontak diputar pada posisi on. Selang beberapa detik, beberapa lampu indikator tersebut akan mati dan ada yang tetap menyala.

Lalu, apakah benar bahwa untuk menyalakan mesin motor injeksi wajib menunggu beberapa lampu indikator tersebut mati terlebih dulu?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan bahwa sebenarnya tidak masalah langsung menyalakan mesin ketika lampu indikator masih menyala.

"Sebenarnya langsung menyalakan mesin juga tidak masalah. Namun alangkah baiknya tunggu beberapa detik supaya pompa bahan bakar memberikan tekanan ke injektor dulu," kata Endro saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/5/2021).

Endro juga mengatakan bahwa lampu indikator yang menyala menandakan sistem sedang melakukan pengecekan pada mesin motor. Selain itu, dengan menunggu lampu indikator mati berarti menandakan bahwa sistem injeksi tidak ada masalah.

Rendra Kusuma selaku Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta juga memiliki pendapat yang senada.

Tidak ada dampak serius yang ditimbulkan kalau langsung menyalakan mesin motor tanpa menunggu lampu indikatornya mati terlebih dulu. Tindakan tersebut sebagai bentuk perawatan agar mesin motor lebih awet.

"Sebaiknya menunggu hingga beberapa detik sebelum menyalakan mesin motor injeksi. Ibaratnya kan seperti komputer. Setelah dinyalakan, maka loading dulu," kata Rendra.

Renda melanjutkan, seketika kontak dalam posisi on, pompa bahan bakar belum bekerja seperti standar optimal mesin. Akibatnya, di awal mesin motor tidak langsung bekerja di suhu optimum.

Oleh karena itu, sistem pada motor membutuhkan waktu untuk penyesuaian. Jika mesin langsung dinyalakan setelah kontak diposisikan dalam keadaan on, maka yang terjadi adalah penggunaan bahan bakarnya akan lebih banyak.

Menurut Rendra, pengaruh lainnya adalah motor juga bisa sulit dinyalakan. Sebab, mesin belum menyesuaikan kondisi suhu lingkungan.

Perlu diketahui, bahwa sistem injeksi menyimpan data saat mesin motor dimatikan. Maka itu, saat dihidupkan kembali tanpa menunggu indikator mati, data lama atau data ketika dimatikan itulah yang akan digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/11/102200715/saat-menyalakan-mesin-motor-injeksi-harus-nunggu-lampu-indikator-mati-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm