Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar (David Goldman)
Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar (David Goldman) ( kompas.com)

Kepala Mekanik Baru, Rossi Mengaku Jadi Tak Paham Setting Motornya

11 Mei 2021 22:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Valentino Rossi belum tampil kompetitif sejak mengganti kepala mekaniknya musim lalu. Di musim ini, prestasi terbaiknya bahkan hanya finis di urutan ke-12.

Sejak musim lalu, kepala mekanik Rossi berganti menjadi David Munoz dari Silvano Galbusera (Galbi). Munoz sendiri belum punya pengalaman sebelumnya di kelas utama.

Banyak yang meyakini Rossi dan kepala mekaniknya membuat terlalu banyak ubahan pada YZR-M1. Namun, Rossi mengaku tidak mengetahui detail apa yang terjadi pada motornya.

"Saya tidak tahu. Kami sudah bicara pada David tentang hal ini. Cara bekerja sedikit berbeda dengan David dibandingkan dengan Galbi," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com, Senin (10/5/2021).

Rossi menambahkan, dengan Galbi, dirinya sama-sama sering melihat data bersama dan juga pada apa yang dilakukan pebalap Yamaha lainnya. Dia tahu banyak tentang setting motor.

"Tapi, David bilang pada saya, saya harus lebih berkonsentrasi pada balapan. Sebab, caranya bekerja berbeda. Kami mencobanya. Saya tidak tahu pasti apa yang terjadi pada motor ketika bicara soal set up atau setidaknya saya lebih tahu sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya," kata Rossi.

Menurut Rossi, ban Michelin sangat soft dan untuk itu mungkin saja butuh gaya balap yang berbeda atau setting berbeda. Rossi pun penasaran hasil dari strategi tersebut.

"Sebab, pada akhirnya bannya sama untuk semua orang dan yang lain berhasil mengelolanya," ujar Rossi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kepala Mekanik Baru, Rossi Jadi Tak Paham Setting Motornya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/11/110200115/kepala-mekanik-baru-rossi-jadi-tak-paham-setting-motornya.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm