Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) ( kompas.com)

Motor Dipaksa Menggunakan BBM yang Tidak Sesuai Standar Pabrikan

13 Mei 2021 07:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu yang menjadi penyebab sepeda motor sering bermasalah adalah penggunaan bahan bakar minya (BBM) yang tidak sesuai dengan standar rekomendasi pabrikan.

Kalau hal ini dibiarkan, pemilik motor harus siap-siap mengeluarkan biaya servis menjadi lebih mahal.

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung Asep Suherman mengatakan, biaya perbaikan motor bisa mencapai jutaan rupiah apabila sering menggunakan BBM tidak sesuai rekomendasi pabrikan.

“Biasanya karena stang sheer atau crankshaft sudah bermasalah akibat adanya pengikisan komponen mesin karena kerak di ruang bakar. Perbaikannya bisa Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan,” kata Herman beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Herman menjelaskan, adanya kerak tersebut dikarenakan motor sering menggunakan BBM berkualitas rendah atau tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan (pembakaran tidak sempurna).

Perlu diketahui, motor baru saat ini disarankan mengisi BBM beroktan 92 atau sekelas Pertamax ke atas.

“Jadi, kalau dibiarkan, biasanya komponen mesin akan terkikis khususnya pada bagian ruang bakar seperti piston, ring piston dan klep. Biaya untuk membersihkan ini beragam, tergantung komponen yang sudah aus atau bermasalah,” kata dia.

Kalau penanganannya masih ringan, kisaran biaya Rp 500.000. Tetapi kalau sudah menjalar ke komponen lain seperti crankshaft, biaya perbaikan bisa mencapai Rp 2 jutaan. Tapi untuk jangka waktu tertentu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Dipaksa Menggunakan BBM yang Tidak Standar Pabrikan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/12/104200215/motor-dipaksa-menggunakan-bbm-yang-tidak-standar-pabrikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm