Rara Sekar AKA hara
Rara Sekar AKA hara ( HAI Online)

Rara Sekar Lewat Proyek Solo hara Rilis EP Kenduri, Bercerita Soal Pertanian

13 Juni 2021 12:24 WIB

SonoraBangkaID - 

Udah denger single Kebun Terakhir, yang dirilis hara pada 24 Mei 2021 lalu? Sekarang saatnya menikmati Kenduri EP!

Kenduri adalah album mini perdana hara, semua lagu ditulis jadi satu kesatuan sebagai narasi yang berkesinambungan dari lagu pertama hingga terakhir.

"Ditulis di awal pandemi saat lockdown, Kenduri secara esensial terinspirasi dari perjalanan hara mencari harapan di tengah pandemi dengan merawat kebunnya. Kenduri, seringkali diartikan sebagai ‘selametan’ atau ritual pemberkatan untuk merayakan kehidupan, kematian, ataupun momen-momen penting dalam kehidupan seseorang atau masyarakat," tulis press release yang HAI terima.

Kenduri adalah upacara adat yang diadakan sebagai perwujudan dari rasa syukur kepada tuhan, atas terkabulnya do'a dan harapan.

Untuk album ini, hara secara spesifik terinspirasi dari kenduri dalam konteks pertanian, dan menginterpretasi ulang kenduri sebagai selamatan panen raya yang sering dipraktikkan oleh masyarakat tani di Indonesia jadi sebuah album pendek bertema.

Yap, dimulai dengan sebuah lagu yang hara dedikasikan untuk tanaman-tanamannya, terinspirasi dari lagu-lagu rakyat yang ditulis oleh masyarakat tani dan masyarakat adat untuk memberkati tanah, tanaman dan hasil panen (Tembang Tandur), Akar Wangi (feat. Guna Warma dari Nosstress), sebuah lagu yang ditulisnya setelah bermimpi menanam akar wangi di pinggir-pinggir sebuah sungai yang kering dekat rumahnya.

Lalu Kebun Terakhir, lagu yang terinspirasi dari perjuangan para petani Indonesia yang terus mempertahankan tanahnya sebagai ruang juang terakhirnya, dan terakhir, Arumdalu, sebuah ode untuk merayakan keindahan keseharian dalam hidup.

Berbeda dengan karya-karya musik sebelumnya, Kenduri adalah ruang temu hara sebagai penyanyi-penulis lagu, musisi, peneliti, dan seorang urban gardener. Kenduri, ketika didengarkan dari awal hingga akhir, seakan mengajak pendengar untuk mengintip, mendengar, dan mengalami bagaimana hara menemukan hubungan yang lebih dalam dengan alam melalui kebunnya.

Semua lagu ditulis, diaransemen dan dimainkan oleh Rara Sekar (hara), diproduksi oleh hara bersama Febrian Mohammad (Layur/Seruak). Khusus untuk Arumdalu, aransemen strings ditulis oleh hara bersama dengan Isyana Sarasvati dan Kenan Loui Widjaja.

Kenduri EP dirilis di bawah Akar Wangi Records, dengan distribusi digital dipegang oleh REDROSE Records. Semua lagu di Kenduri sudah bisa didengarkan di berbagai platform musik digital.

(*)

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm