Bunga Edelweis
Bunga Edelweis ( Kuya Hejo via TribunJakarta )

Seperti Apakah Edelweis, Si Bunga Abadi yang Dilindungi Negara ?

14 Juni 2021 17:57 WIB

SonoraBangka.id - Siapa yang belum pernah melihat bunga Edelweis ?

Ya, Edelweis ini merupakan salah satu bunga yang sohor di kalangan pendaki gunung.

Edelweis bisa ditemukan di beberapa gunung di Indonesia, seperti Lawu, Semeru, Sindoro, Papandayan, Gede Pangrango hingga Merbabu.

Keindahan edelweis yang biasa ditemukan para pendaki memang memikat hati.

Meski edelweis terlihat indah, perlu digarisbawahi, aktivitas paling mulia yang bisa dilakukan pendaki saat bertemunya adalah membiarkannya tetap di tempatnya.

Jangan dicabut. Mencabut edelweis di alam bebas justru membuat Si Bunga Abadi terancam kepunahan. Perilaku tersebut tidaklah dibenarkan.

Namun, pada dasarnya, segala sesuatu di dalam taman nasional tidak boleh diambil--entah edelweis, cemara, bahkan buah rambutan dan durian yang tumbuh di sana.

Kenapa edelweis dijuluki bunga abadi? Keberadaan bunga Edelweis di Indonesia sudah ada sejak 200 tahun yang lalu.

Bunga ini ditemukan pertama kali oleh naturalis Jerman bernama Georg Carl Reinwardt. Ia menemukannya ketika berada di lereng Gunung Gede, Jawa Barat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm