Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock)

Jangan Sembarangan Beri Akses, Ini Tips Aman Gunakan Aplikasi diPonsel

15 Juni 2021 13:16 WIB

apli

SonoraBangka.id - Baru-baru ini tidak sedikit nasabah aplikasi pinjaman online (pinjol) mengeluhkan perilaku penyedia aplikasi yang dianggap melanggar privasi.

Para penagih utang menyebar infomasi nasabah kepada semua kontak yang ada di ponsel milik nasabah. Kok bisa aplikasi mengakses data kontak kita?

Abimanyu, pakar telematika di Indonesia menjelaskan, berdasarkan jenisnya terdapat dua kelompok aplikasi besar, yaitu online dan offline.

Aplikasi online baru bisa digunakan apabila terkoneksi dengan server. Sebaliknya, aplikasi offline dapat digunakan kapan pun meski tanpa koneksi internet, tanpa harus terhubung dengan server penyedia aplikasi.

Aplikasi yang berbasis online inilah yang dapat menyimpan seluruh aktivitas pengguna ponsel.

“Kepada siapa dia berhubungan, dengan siapa dia berkirim pesan, kapan dia gunakan, semua informasi tersebut bisa diolah dan diterima penyedia layanan,” jelas Abimanyu kepada NOVA.

Perlu diketahui, hal tersebut tidaklah melanggar privasi pengguna, karena sebetulnya sudah dijelaskan dalam klausul saat pengguna ponsel akan menginstal aplikasi tersebut.

Sayangnya, rata-rata pengguna tidak detail saat membaca atau bahkan tak membaca klausul tersebut sama sekali sebelum menginstal.

“Dengan demikian aplikasi ini bisa merekam tapi apakah aplikasinya memberi info hal itu, belum tentu.

Normalnya, sih, ada info secara eksplisit. Kalau tidak, bisa jadi itu aplikasi nakal.

Bukan untuk urusan online, tetapi dibalik itu dia tetap mengirimkan data-data, aktivitas yang seharusnya tidak disampaikan kepada server, tetapi si pengguna tidak diberitahu,” tambah Abimanyu.

Abimanyu menilai, masyarakat Indonesia saat ini tidak terlalu application awere.

Katanya, “Sangat loyal dengan aplikasi yang sudah dipakai. Kalau ada aplikasi sejenis merek B, C, D, E, dia tidak tertarik mencobanya.”

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm