( Ist)

Gubernur Erzaldi Harap Hadirnya KASAU di Belitung Dapat Menambah Fasilitas TNI AU

15 Juni 2021 15:22 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berharap kehadiran KASAU Bersama Staf Khusus Kemenhan RI di Pulau Belitung akan direncanakan penambahan beberapa fasilitas-fasilitas TNI Angkatan Udara (AU) yang bisa dikolaborasikan bersama pemerintah daerah.

"Dengan kolaborasi tentunya akan saling mendapat suatu manfaat sebab, setiap kehadiran kesatuan baru, sebuah daerah juga mengalami perkembangan," ungkap Gubernur Erzaldi saat pelaksanaan latihan antar Satuan Jajaran Koops AU I dan Wing I Paskhas di Air Wepon Range (AWR) Lanud H. AS. Hanandjoedin, Desa Buding Panjang, Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Berjalan lancar dan sukses, Gubernur Erzaldi takjub dan kagum menyaksikan secara langsung ledakan bom dan tembakan hingga penerjun payung dengan teknik-teknik penyerangan dari udara dalam pelaksanaan Latihan Jalak Sakti dan Latihan Harda Maruta tahun 2021. Gubernur Erzaldi sangat bangga, Latihan Gabungan ini dapat dilaksanakan di Lanud ASH Belitung, Senin (14/06/21).

Latihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun di lokasi lanud berbeda dalam rangka meningkatkan kemampuan tempur satuan guna memproyeksikan penggunaan kekuatan ke daerah operasi yang bersifat taktis maupun strategis.

Dalam latihan ini disimulasikan terjadi konflik perebutan wilayah di daerah perbatasan Indonesia dengan ancaman persenjataan yang berpotensi mengancam kedaulatan NKRI.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) menjelaskan saat ditemui usai pelaksanaan latihan, tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan dan menyiapkan professionalisme personil TNI AU dalam merencanakan dan melaksanakan operasi udara, gabungan antara Koops AU I dan Korpaskhas.

"Alhamdulillah latihan berjalan lancar dan sukses. Dapat disaksikan tadi target-target yang dapat dihancurkan dengan tepat. Menunjukkan tingkat profesionalisme TNI AU sangat baik," ungkap Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dikatakan KASAU Fadjar, latihan ini adalah bentuk pertanggung jawaban TNI AU kepada rakyat, walau di dalam masa pandemi Covid-19 anggota TNI AU tetap melaksanakan latihan, menjaga, dan mempertahankan wilayah kedaulatan RI.

pada kesempatan ini KASAU Fadjar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Babel, Bupati Belitung dan Belitung Timur, Forkopimda diantaranya Korem 045/Garuda Kaya, Polda Babel, Lanal Babel dan juga Lanud ASH.

"Masih ada kegiatan lanjutan sampai besok, terima kasih juga kepada seluruh masyarakat di sekitar AWR Buding atas kerja sama dan dukungannya selama ini," ungkapnya.

Seperti yang disampaikan oleh KASAU Fadjar bahwa, AWR Buding ini memang ideal untuk pelaksanaan latihan. Gubernur Erzaldi bersyukur latihan gabungan ini dilaksanakan di Lanud ASH sebab, multiplier effect bagi Babel setiap kegiatan Nasional terlaksana.

Atas nama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Gubernur Erzaldi mengucapkan terima kasih KASAU dan Kemenhan RI yang telah menetapkan Lanud ASH menjadi tempat latihan.

"Mudah-mudahan latihan seperti ini sering dilaksanakan di Babel," ungkapnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm