5 Video Musik Kpop Ini Dilarang Tayang di KBS
5 Video Musik Kpop Ini Dilarang Tayang di KBS ( kompas.COM/Rintan Puspita Sari)

5 Video Musik Kpop Yang Dilarang Tayang di KBS

16 Juni 2021 08:59 WIB

SonoraBangka.ID - Bagi sebagian besar penggemar KPop, mendengar nama KBS tentu tidak asing lagi.

Seperti SBS dan MBC, stasiun penyiaran ini ternyata secara berkala melarang video musik tertentu untuk tayang di stasiun televisi mereka dengan berbagai alasan.

Alasan paling umum yaitu adanya tarian provokatif. Namun, ada juga video musik yang dilarang karena alasan yang kurang umum, dan berikut ini 5 video musik tersebut.

BLACKPINK "Kill This Love"

Ini mungkin salah satu contoh video musik yang terkenal dan aneh yang dilarang tayang oleh KBS.

Dalam video musik, ada satu adegan di mana Rosé ditampilkan tidak mengenakan sabuk pengaman.

Karena itu, KBS menganggap video musik tersebut sebagai "melanggar undang-undang lalu lintas dan mendorong mengemudi tanpa sabuk pengaman".

Orange Caramel "Catallena"

Mungkin sulit untuk memahami mengapa video musik konyol dan menghibur seperti "Catallena" akan dilarang.

Tetapi KBS melakukannya, meskipun SBS dan MBC tidak! Alasan KBS untuk pelarangan mereka adalah karena mendevaluasi kehidupan manusia dengan menggambarkan para anggota sebagai putri duyung yang dibungkus dengan paket plastik serta berpakaian seperti sushi.

PSY "Gentleman"

Superstar PSY tidak asing dengan video musiknya yang dilarang oleh KBS!.

"Gentleman" khususnya yang dilarang karena pertunjukannya merusak properti publik.
Adegan yang dimaksud adalah ketika PSY ditampilkan menendang kerucut "dilarang parkir" di video tersebut.


WINNER "Island"

Sementara gambaran LGBT+ mungkin, berangsur menjadi lebih diterima di Korea Selatan, tapi itu masih menjadi kontroversi di antara banyak orang, dan KBS membuktikan dirinya berada di sisi yang kurang menerima masalah dengan pelarangan mereka terhadap "Island" WINNER.

Alasan pelarangan tersebut adalah karena 'citra homoseksual' video tersebut, terutama dalam lirik, /Sama seperti koktail, kocok, saya ingin bergaul denganmu di sofa.//

Block B

Dan akhirnya, lagu debut Block B "Freeze!" dilarang tidak hanya sekali, tetapi dua kali oleh KBS, bahkan setelah liriknya diedit.

KBS mengklaim lirik tersebut menggambarkan metode kencan yang tidak sehat, dengan bagian, "Kirim semua temanmu pulang" dan "Aku menunggumu di sini".

Meskipun grup tersebut mengirimkan ulang lagu dengan lirik yang diubah menjadi "Mataku sudah mengawasimu" dan "Malam menunggumu", KBS masih menganggapnya terlalu tidak pantas untuk disiarkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Video Musik Kpop Ini Dilarang Tayang di KBS, Alasannya Kocak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/06/15/181854066/5-video-musik-kpop-ini-dilarang-tayang-di-kbs-alasannya-kocak?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm