Ilustrasi cat.
Ilustrasi cat. ( (SHUTTERSTOCK/NMEDIA) )

Sisa Cat yang Tak Lagi Terpakai, jangan dibuang lakukan ini saja!

17 Juni 2021 08:45 WIB

Bangkasonora.ID - Mengaplikasikan warna cat yang baru adalah salah satu hal penting untuk memperbarui sekaligus merubah tampilan rumah. Namun, setelah selesai mengaplikasikan cat yang baru ke dinding rumah, biasanya akan ada cat yang masih tersisa di dalam kaleng atau dalam keadaan utuh. Lantas, apa yang harus dilakukan dengan sisa cat yang masih tersisa dan tak lagi terpakai?

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dengan sisa cat yang tak lagi terpakai.

1. Dipakai untuk melukis

Meskipun fungsi utama cat dinding adalah untuk mewarnai dinding, kamu dapat menggunakan sisa cat untuk seni dan kerajinan kuno yang bagus.

Tuangkan sisi kreatifmu dengan memanfaatka sisa cat untuk menjadi sesuatu yang memukau. Dapatkan beberapa kanvas kosong dan melukislah dengan sisa cat.

2. Membuat cat papan tulis

Jika kamu mencari sesuatu yang sedikit lebih kreatif untuk dilakukan dengan sisa cat milikmu, ubahlah menjadi cat papan tulis (chalkboard paint). Yang kamu perlukan hanyalah plaster, sisa cat, dan sedikit air.

Untuk setiap tiga sendok makan cat, campurkan dua sendok makan plaster dan satu sendok makan air. Kemudian, campur dan cat. Cat papan tulis sangat serbaguna. Kamu dapat menggunakannya untuk mengecat kaca pada bingkai foto, membuat papan tulis yang lucu dan dekoratif di bagian dalam pintu lemari atau mengecat beberapa dinding untuk menulis.

3. Memperbarui furnitur Cat

tidak hanya untuk dinding dan plafon rumahmu. Ini juga sangat berguna jika kamu ingin membuat furniturmu juga jadi baru. Gunakan cat sisa apa pun untuk memperbarui tampilan furnitur. Dengan hal ini kamu membantu lingkungan dengan dua cara, yakni tidak membuang sisa cat dan menyimpan perabot lama menjadi berguna kembali.

4. Sumbangkan

Jika masih dalam keadaan utuh, pertimbangkan untuk menyumbangkan cat sisa yang kamu miliki jika kamu sendiri tidak tahu harus diapakan. Tanyakan kepada keluarga atau temanmu apakah mereka menginginkannya untuk dekorasi atau proyek renovasi.

5. Buang dengan cara yang ramah lingkungan

Buang saja sisa cat jika kamu tidak dapat menemukan kegunaan lainnnya, tidak memiliki tempat untuk menyimpannya, dan tidak ada orang yang mau disumbangkan cat sisa. Pastikan kamu membuangnya dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada lingkungan. Berikut cara membuang sisa cat yang ramah lingkungan.

Opsi 1 Jika kamu berurusan dengan sisa cat dalam jumlah besar, tambahkan serbuk gergaji atau tanah ke kaleng dan biarkan di bawah sinar matahari hingga mengering dan mengeras. Bawa ke pusat daur ulang setempat untuk dibuang. Opsi 2 Untuk jumlah yang lebih sedikit, tuangkan cat ke karton bekas atau koran agar meresap dan biarkan kering. Kamu kemudian dapat membuang kartu atau kertas yang dicat bersama dengan sampah rumah tanggamu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa yang Harus Dilakukan dengan Sisa Cat yang Tak Lagi Terpakai?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/15/181800176/apa-yang-harus-dilakukan-dengan-sisa-cat-yang-tak-lagi-terpakai-?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm