Team Gresini akan menggandeng Ducati untuk musim 2022-2023 (Dok. Gresini Racing)
Team Gresini akan menggandeng Ducati untuk musim 2022-2023 (Dok. Gresini Racing) ( kompas.com)

Pisah dari Aprilia, Gresini Racing Bekerja sama Dengan Ducati Dua Tahun

18 Juni 2021 17:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Dilaksanakan Mulai musim 2022, tim satelit Ducati akan bertambah lagi. Salah satunya adalah Team Gresini Racing dengan dua pebalap serumpun alias dari satu negara Italia.

Lepas dari Aprilia, Team Gresini Racing resmi akan menggunakan motor Ducati untuk dua musim ke depan. Tim ini akan menjadi tim satelit lagi.

Kerja sama ini akan menjadi yang pertama bagi Gresini Racing untuk menggunakan motor Ducati. Sejak 1997 hingga 2014, Gresini selalu bekerja sama dengan Honda.

Setelah itu, Gresini bekerja sama dengan Aprilia sampai musim ini. Keputusan untuk kontrak dengan Ducati sepenuhnya didukung oleh keluarga Gresini.

Nadia Padovani, pemilik dan prinsipal tim Gresini, mengatakan, momen ini sangat emosional bagi semua anggota tim. Dalam beberapa bulan terakhir, Gresini Racing sudah fokus untuk menentukan masa depan.

"Sekarang, kami melihat dengan bangga pada proyek yang berbasis dari nilai Fausto yang membuat institusi luar biasa ini," ujar Nadia, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (17/6/2021).

Nadia menambahkan, Gresini berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, yang tidak pernah meninggalkan Gresini walau dalam keadaan sulit pun.

Mulai musim depan, tim Gresini akan diisi oleh dua pebalap berkebangsaan Italia, yakni Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio yang akrab disapa Diggia.

Diggia saat ini masih berada di Moto2 bersama tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Mulai musim depan, tim ini akan bernama Gresini Flex-Box Ducati Racing.

"Saya juga ingin berterima kasih pada Enea dan Fabio atas kepercayaan mereka. Saya yakin mereka akan mempertahankan bendera Gresini Racing dengan sukses," kata Nadia.

General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kesepakatan bersama Gresini Racing untuk dua musim ke depan.

"Kami membuat basiss untuk ini dengan Fausto di akhir 2020. Gresini Racing sudah menjadi institusi penting di MotoGP sejak bertahun-tahun," ujar Dall'Igna.

Dall'Igna menambahkan, dirinya juga yakin Bastianini dan Diggia bisa tampil kompetitif dan sukses.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pisah dari Aprilia, Gresini Racing Gandeng Ducati Dua Tahun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/18/084200315/pisah-dari-aprilia-gresini-racing-gandeng-ducati-dua-tahun.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm