Valentino Rossi saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP) (TIZIANA FABI)
Valentino Rossi saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP) (TIZIANA FABI) ( kompas.com)

Daftar Tim MotoGP 2022, Hanya Aprilia dan Suzuki Tanpa Tim Satelit

18 Juni 2021 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dari semua pabrikan sepeda motor yang bersaing di MotoGP, hanya ada dua pabrikan yang akan berjalan sendiri alias tanpa tim satelit. Kedua pabrikan tersebut adalah Aprilia dan Suzuki.

Jelang MotoGP Sachsenring, Gresini Racing baru saja mengumumkan pihaknya akan menggandeng Ducati untuk menjadi tim satelit untuk MotoGP 2022 dan MotoGP 2023. Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio yang akan menjadi pebalapnya.

Mulai musim depan, akan ada 12 tim dengan 24 pebalap yang akan bersaing. Empat tim atau delapan motor di antaranya akan mengandalkan Ducati.

Keempat tim tersebut adalah Ducati Lenovo Team, Pramac Racing, Aramco Sky VR46 Racing, dan Gresini Flex-Box Ducati Racing. Tapi, tim VR46 belum memutuskan siapa yang akan menemani Luca Marini.

Yamaha tetap dengan Petronas Sepang Racing Team, Honda bersama tim LCR, dan KTM dengan Tech3. Dengan begitu, Aprilia dan Suzuki terpaksa menjalani dua musim ke depan tanpa tim satelit.

Adanya tim satelit juga menguntungkan untuk pihak pabrikan. Selain poin untuk klasemen pabrikan bertambah, pengembangan motor juga dinilai bisa lebih cepat dengan banyaknya masukan dari para pebalapnya.

Berikut daftar tim dan pebalap untuk MotoGP 2022:

Tim Pabrikan

Repsol Honda Team - Marc Marquez dan Pol Espargaro

Ducati Lenovo Team - Jack Miller dan Francesco Bagnaia

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm