kondisi sekring (wikihow.com)
kondisi sekring (wikihow.com) ( kompas.com)

Kenali Macam-macam Bentuk Sekring Untuk Sepeda Motor

19 Juni 2021 19:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk sepeda motor terdapat sistem kelistrikan yang menjadi salah satu bagian paling vital. Supaya tidak terjadi korsleting, maka diperlukanlah sekring.

Sekring berfungsi untuk memutus arus listrik yang berlebih saat terjadi hubungan arus pendek. Sehingga, dapat mencegah terjadinya kebakaran atau kerusakan.

Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman, mengatakan, bentuk sekring yang digunakan dalam sistem kelistrikan atau komponen elektronika bentuknya bermacam-macam.

"Sedangkan sekring yang digunakan pada sepeda motor ada dua jenis, yaitu Sekring Tabung (Tube Fuse) dan Sekring Tancap (Fuse Blade)," ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Berikut Jenis Sekring pada Sepeda Motor:

1. Sekring Tabung (Tube Fuse)

Sekring tabung banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sekring ini memudahkan pengendara atau mekanik dilihat kondisinya putus atau tidak, karena kawat pengamannya terbungkus oleh tabung kaca bening.

“Tetapi model ini membutuhkan tempat penyimpanan yang agak besar, maka didalam kendaraan modern, jenis sekring ini sudah jarang ditemui,” kata Ade.

2. Sekring Tancap (Fuse Blade)

Jenis sekring ini banyak digunakan pada kendaraan modern. Dinamakan sekring tancap karena pemasangannya dengan cara ditancapkan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm