Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui bayinya.
Ilustrasi seorang ibu sedang menyusui bayinya. ( Summer Photographer)

6 Tips Agar Payudara Tidak Kendur karena Menyusui. Ibu Harus Tahu !

20 Juni 2021 16:48 WIB

SonoraBangka.id - Salah satu kekhawatiran yang dialami perempuan karena menyusui adalah payudara yang mengendur.

Namun, ternyata menurut Matthew R. Schulman, M.D, seorang asisten profesor bedah kosmetika di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS, penyebab payudara mengendur bukan karena menyusui, melainkan kenaikan dan penurunan berat badan selama masa hamil.

Lalu, adakah cara alami untuk mengatasinya?

1. Pakai bra yang tepat

Untuk menjaga payudara tetap ideal selama menyusui, gunakan bra yang tepat. Ahli bahkan menyarankan untuk memakai bra sepanjang waktu, termasuk saat tidur.

Melawan gravitasi menjadi alasannya, di mana bra akan mencegah peregangan dari ligamen Cooper.

Selain itu, pastikan ukuran dan fungsi bra yang sesuai kondisi tubuh serta kebutuhan. Pakai bra dengan tali yang lebih lebar.

2. Postur menyusui yang baik

Seringkali ibu membungkuk saat menyusui bayi dalam keadaan duduk. Meski dilakukan tanpa sadar, sebaiknya hindari postur tubuh tersebut.

Lebih baik, gunakan bantal menyusui untuk mendekatkan wajah dan mulut bayi ke payudara ibu, dibanding membungkukkan badan.

Memperbaiki postur sederhana ini dan posisi saat menyusui akan membantu mencegah payudara kendur.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm