Ilustrasi ruang tunggu bandara
Ilustrasi ruang tunggu bandara ( (Unsplash/Marco Lopez) )

Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenhub Diminta Perketat Regulasi Tentang Transportasi

21 Juni 2021 15:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini Anggota Komisi V DPR Irwan meminta Kementerian Perhubungan untuk memperketat protokol kesehatan di angkutan transportasi darat, laut, dan udara untuk mencegah penularan Covid-19.

Irwan mengatakan, pemerintah tidak boleh tinggal diam di tengah melonjaknya kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir. "Meminta Kemenhub untuk segera keluarkan regulasi pengetatan transportasi darat laut dan udara secara tegas dan terukur. Do something, enggak boleh diam dalam situasi kritis karena tren Covid-19 yang terus naik," ujar Irwan saat dihubungi, Senin (21/6/2021).


Menurut Irwan, pemerintah tidak memiliki rencana dan pencapaian yang jelas dalam hal penanganan dan pengendalian Covid-19 ini.  Dia menyebut Pemerintah semestinya melakukan tindakan yang tegas dan terukut setelah meningkatnya kasus Covid-19 setelah periode libur Lebaran lalu.

"Termasuk pengetatan kembali transportasi angkutan darat, laut juga udara untuk memutus penularan Covid-19," katanya.
Politikus Partai Demokrat itu mengatakan, bentuk pengetatan yang mesti dilakukan pemerintah antara lain membatasi jumlah penumpang pada transportasi darat, udara, dan laut.


Selain itu, proses kedatangan dan keberangkatan juga mesti diperketat, khususnya mengenai hasil rapid test antigen dan masa berlakunya. "Memang idealnya ya lockdown tetapi selama ini tidak pernah jadi pilihan pemerintah," ujar Irwan.

Sementara itu, Irwan juga mengingatkan agar pemerintah memastikan pemberian vaksin dan bantuan sosial sampai ke desa-desa. "Jangan hanya bisa membatasi kegiatan masyarakat tetapi vaksin dan bansos tidak sampai ke mereka," ucap Irwan.

Pada Minggu (20/6/2021) kemarin, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan, ada penambahan 13.737 kasus Covid-19 selama 24 jam terakhir.


Dengan demikian, hingga Minggu kemarin, ada 1.989.909 kasus Covid-19 di Tanah Air. Penambahan kasus ini menjadi yang tertinggi sejak 30 Januari 2021. Pada catatan Kompas.com, penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 pada 30 Januari 2021 yaitu 14.518 kasus.

Jumlah itu adalah rekor tertinggi selama pandemi. Berdasarkan laporan Satgas Penanganan Covid-19, sejak saat itu, kasus positif mengalami tren penurunan. Akan tetapi, pasca-libur Lebaran 2021, kasus positif mengalami lonjakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kasus Covid-19 Melonjak, Kemenhub Diminta Perketat Regulasi Terkait Transportasi", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/06/21/14440221/kasus-covid-19-melonjak-kemenhub-diminta-perketat-regulasi-terkait?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm