Cek tekanan udara ban sepeda motor secara rutin (Dok. DAM)
Cek tekanan udara ban sepeda motor secara rutin (Dok. DAM) ( kompas.com)

Buang Kebiasaan Lama, Cara Cek Tekanan Udara Ban Ditekan Pakai Jari Tangan

27 Juli 2021 21:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pada sepeda motor, salah satu komponen yang perlu dijaga kondisinya adalah ban. Penting untuk rutin mengecek tekanan udaranya.

Technical Warranty & Education Yamaha Madiun-Kediri Panca, mengatakan, salah satu cara merawat ban adalah dengan memastikan ukuran tekanan udara ban motor dalam kondisi tepat. Sayangnya, mayoritas pengendara kurang memperhatikan ketika mengecek tekanan udara ban motor.

Dengan menjaga tekanan udara pada ban, usia pakainya jadi lebih panjang dibandingkan ban yang tidak terawat. Selain itu, berkendara juga jadi lebih nyaman dan aman.

"Cara paling umum dengan menekan ban pakai tangan. Jika ban terasa empuk saat dipencet berarti masih butuh tambahan angin, kalau sudah keras maka dianggap cukup. Padahal, cara mengukur tekanan angin ban seperti itu kurang tepat," ujar Panca, dalam keterangan resminya.

Menurut Panca, tekanan udara pada ban seharusnya disesuaikan dengan standar kebutuhan berkendara sehari-hari penggunanya. Cara yang paling benar dalam mengecek tekanan udara adalah menggunakan alat pengukur khusus.

Alat pemeriksa tekanan udara ini relatif murah dan tersedia di sejumlah toko online, sehingga mudah dimiliki. Pengukur tekanan udara ini baiknya jadi perlengkapan wajib tiap kendaraan karena cukup vital.

Nitrogen

Untuk menjaga tekanan udara pada ban tetap stabil, sebaiknya gunakan nitrogen. Nitrogen memiliki stabilitas yang jauh lebih baik daripada udara biasa.

"Tekanan udara ban motor yang diisi nitrogen tidak akan banyak berubah meski suhu sedang naik, baik karena cuaca maupun penggunaan di atas aspal," kata Panca.

Panca menambahkan, penggunaan nitrogen juga dapat membuat ban lebih awet, terutama untuk tipe ban tubeless.

Ukuran tekanan ban harus disesuaikan dengan standarnya untuk kebutuhan sehari-hari, para pengendara dapat mengatur tekanan ban yaitu ban depan 29 PSI, ban belakang 33 PSI.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buang Kebiasaan Lama, Cek Tekanan Udara Ban Ditekan Pakai Jari Tangan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/27/154100115/buang-kebiasaan-lama-cek-tekanan-udara-ban-ditekan-pakai-jari-tangan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm