ilustrasi pastel goreng
ilustrasi pastel goreng ( (SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo) )

Tips Goreng Pastel agar Tidak Berminyak

5 Agustus 2021 10:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Pastel adalah salah satu camilan renyah yang dimasak dengan teknik goreng.

Pastel harus digoreng dengan baik untuk mendapatkan tekstur renyah yang sempurna, Koki di perusahaan tepung pre - mix Chef Solihin menyebutkan, pastel sebaiknya digoreng dalam minyak panas dengan suhu sekitar 120-150 derajat Celcius.


Selama menggoreng pastel, balik pastel secukupnya supaya semua sisi pastel dapat matang merata hingga berwarna kuning keemasan. Cara menggoreng pastel pun menentukan agar pastel tidak menyerap banyak minyak.


"Begitu diangkat dari penggorengan, simpan dulu di saringan atau di cooling wire untuk mendinginkan pastel," ucap Solihin kepada Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memasak pastel agar tidak menyerap banyak minyak ialah cukup menggoreng pastel satu kali.


Solihin mengatakan, menggoreng pastel sebanyak dua kali memang termasuk salah satu teknik memasak pastel.


Tetapi, pastel yang digoreng dua kali hanya disarankan untuk pastel frozen atau pastel beku yang sudah disimpan di freezer selama beberapa hari.

Sementara pastel yang akan langsung digoreng setelah dibentuk, sebaiknya hanya digoreng satu kali saja.

"Pastel yang digoreng dua kali itu dapat mengakibatkan penyerapan minyaknya lebih banyak," ucap Solihin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Masak Pastel agar Tidak Berminyak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/05/081600575/cara-masak-pastel-agar-tidak-berminyak.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm