Ilustrasi proses terjadinya penipisan lapisan ozon
Ilustrasi proses terjadinya penipisan lapisan ozon ( shutterstock.com)

Lapisan Ozon Menipis, Ini 4 Dampak Buruk untuk Kesehatan Tubuh !

17 September 2021 13:07 WIB

SonoraBangka.id - Hari Ozon Sedunia diperingati setiap tanggal 16 September.

Ozon adalah molekul gas yang tersusun dari tiga atom oksigen yang secara alami terdapat di atmosfer bumi.

Lapisan ozon adalah wilayah konsentrasi tinggi ozon di stratosfer, jaraknya 15 hingga 35 km di atas permukaan bumi. Ozon juga menyerap radiasi sinar ultraviolet (UV) pada panjang gelombang tertentu.

Kendati begitu, penipisan lapisan ozon akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Radiasi sinar UV dipancarkan oleh matahari, jika ozon semakin tipis dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi akan terancam.

Mengutip Kompas.com, salah satu penyebab menipisnya lapisan ozon mencakup penggunaan refrigeran yang berlebihan, yaitu zat pendingin pada sistem pendingin atau refrigerator.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M. Sc menjelaskan bagaimana refrigeran bisa menyebabkan lapisan ozon menipis.

"Terlepasnya refrigeran BPO (Bahan Perusak Ozon) berjenis HCFC (hydrochlorofluorocarbon) ke atmosfer, dapat menyebabkan molekul HCFC yang berkaitan dengan ozon, bisa membuat lapisan ozon menjadi bolong," kata Ruandha.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm