Ilustrasi ibu dan anak
Ilustrasi ibu dan anak ( SHUTTERSTOCK )

Walau Dianggap Tabu, Ini Tips Membicarakan Topik Menstruasi pada Anak

17 Oktober 2021 09:38 WIB

SonoraBangka.id - Sangatlah penting untuk membicarakan topik menstruasi pada anak di saat mereka sudah menunjukkan tanda-tanda pubertas.

Sayangnya, melekatnya budaya tabu untuk membicarakan masalah menstruasi membuat banyak ibu kesulitan untuk membicarakan topik ini pada anak-anaknya.

Padahal, psikolog Anna Surti Ariani, SPsi, MSi, mengatakan, kekurangan informasi soal menstruasi dan kesehatan reproduksi itu bisa menurunkan kualitas hidup seorang anak perempuan.

"Maka, ibu yang tidak pernah memberikan informasi terkait menstruasi kepada anak perempuannya sudah dianggap melakukan kekerasan secara nonverbal," kata Anna dikutip dari Kompas.com, Senin (21/06).

Meski membicarakan terkait topik ini dinilai cukup sulit, tetapi Sahabat NOVA tidak perlu khawatir.

Anna memberikan beberapa tips yang dapat dicoba ibu untuk dapat memberikan informasi terkait menstruasi pada anak.

Bicara soal menstruasi tidak tabu

Di banyak budaya, termasuk Indonesia, pembicaraan tentang menstruasi mungkin masih menjadi hal yang tabu.

Namun, Anna mengingatkan bahwa memberikan informasi tentang menstruasi pada anak itu sangatlah penting dan tidak tabu sama sekali.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm