Ilustrasi chatting di WhatsApp.
Ilustrasi chatting di WhatsApp. ( )

Begini Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghapus Chat History

18 Oktober 2021 13:24 WIB

SonoraBangka.ID - Salah satu hal yang mesti diperhatikan saat hendak mengganti nomor WhatsApp adalah riwayat atau chat history yang ada di nomor lama. 

Pasalnya biasanya ketika mengganti nomor WhatsApp, history tersebut akan ikut terhapus.

Nah, agar nggak kehilangan data percakapan, WhatsApp sebenarnya mengizinkan para penggunanya mengganti nomor ponsel yang telah terintegrasi dengan yang baru tanpa menghapus data pengguna. 

Alhasil, pengguna akan tetap terhubung dengan para teman dan keluarganya, meski nomor WhatsApp-nya baru. 

Terus, gimana cara menggunakan fitur ganti nomor ponsel ini? Simak nih langkah mudahnya, melansir KompasTekno pada Jumat (15/10/2021).

1. Untuk mengganti nomor WhatsApp, kamu cukup klik menu pengaturan atau "Settings". Kemudian, pilih menu "Account", "Change number", dan klik tombol "Next" di tampilan selanjutnya. 

2. Masukkan nomor WhatsApp pengguna yang lama (yang sedang digunakan saat ini) dan nomor WhatsApp pengguna yang baru (yang akan digunakan nanti) pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik tombol "Next". 

 3. Pada tampilan selanjutnya, pengguna bakal disodorkan dengan jendela konfirmasi bahwa nomor WhatsApp yang sekarang akan digantikan dengan nomor yang baru. Di sini, kamu bisa mengaktifkan fitur "Notify contacts" untuk memberitahu ke seluruh orang yang berada di dalam grup yang pengguna ikuti, bahwa nomor ponselnya telah diganti.

4. Apabila nomor ponsel sudah benar dan fitur Notify contacts sudah diaktifkan/dinonaktifkan, klik tombol "Done". 

5. Pada tampilan selanjutnya, pengguna akan dimintai enam digit kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel baru. Kode tersebut bisa saja dikirimkan melalui panggilan suara. Setelah itu, masukkan kode verifikasi yang didapat dan apabila kode verifikasi benar, maka WhatsApp akan melanjutkan proses verifikasi dalam beberapa saat. 

Nah jika proses verifikasi sudah selesai, maka akan ada jendela pop-up yang menyatakan bahwa nomor WhatsApp sudah diganti ke nomor baru, tanpa menghapus data-data percakapan dan informasi dalam grup.

Jadi itulah langkah singkat cara mengganti nomor WhatsApp kamu tanpa menghapus chat history-nya. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm