Irfan Bachdim (kanan) saat bertanding di Liga Jepang.
Irfan Bachdim (kanan) saat bertanding di Liga Jepang. ( (Dok. J.League))

Memori Indah Ketika Irfan Bachdim Merumput di Liga Jepang

21 Oktober 2021 06:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Irfan Bachdim merupakan salah satu pesepak bola Indonesia yang pernah berlaga di kompetisi Liga Jepang, J.League.

Irfan Bachdim pertama kali tampil di Liga Jepang pada awal tahun 2014 lalu bersama Ventforet Kofu sebelum akhirnya berkarier di Hokkaido Consadole Sapporo dua tahun kemudian.

Ketika berusia 26 tahun, Irfan Bachdim menjalani debut di Jepang bersama Ventforet Kodu pada pertandingan babak grup J.League YBC Levain Cup melawan Tokushima Vortis pada 21 Mei 2014. Irfan Bachdim yang kini meniti karier di Liga Indonesia juga menceritakan momennya saat membela tim-tim di J.League.


"Saya sangat bangga bisa menjalani debut di sepak bola Jepang karena memang sudah selalu tujuan saya untuk bisa bermain di sana," ucap Irfan Bachdim dalam rilis yang diterima Kompas.com.


Bersama Kofu, Irfan Bachim mencatatkan diri sebagai satu-satunya pemain asal Indonesia yang pernah tampil di J.League YBC Levain Cup atau Piala Liga Jepang. Laga itu 

Sebelum laga keempat, Ventforet Kofu meraih sekali kemenangan, satu kali imbang, dan satu kekalahan. Pada pertandingan ketiga grup kontra Albirex Niigata, Irfan sejatinya masuk pada daftar pemain cadangan.

Namun, dia tidak dimainkan oleh pelatih Hiroshi Jofoku. Irfan baru mendapat kesempatan bermain pada laga keempat melawan Tokushima Vortis. Dia tampil sebagai pemain pengganti dan baru masuk pada menit ke-76 menggantikan Koki Mizuno.


"Gelaran piala sangat penting bagi klub. Biasanya mereka memberikan kesempatan bermain untuk para pemain yang jarang turun di liga," ujar Irfan Bachdim.


Usai menjalani debutnya dan menghabiskan satu musim di Kofu, Irfan Bachdim kemudian pindah ke Hokkaido Consadole Sapporo yang saat itu bermain di J2 League alias kasta kedua Liga Jepang.


Di Hokkaido Consadole Sapporo, Irfan mengaku menemukan memori terbaiknya selama bermain di Negeri Sakura. Lantaran, pada musim terakhirnya, Irfan sukses ikut mengantarkan tim asal Pulau Hokkaido itu juara J2 dan mendapat tiket promosi ke kasta teratas.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm