( Ist)

Bupati Bangka Tengah Buka Sosialisasi Dana KUR 2021 Bagi Nelayan

26 Oktober 2021 10:39 WIB

SonoraBangka.id Bupati Bangka Tengah Algafri Rahman membuka kegiatan Sosialisasi dan Fasilitasi Bantuan Pendanaan bagi Nelayan Melalui Dana KUR Tahun 2021 dalam upaya mewujudkan kemandirian usaha dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan Bangka Tengah yang diselenggarakan di Soll Marina Hotel, Jumat (22/10/2021).

Membuka sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan nelayan se-Bangka Tengah serta para penyuluh perikanan ini, Algafry mengungkapkan bahwa peran nelayan merupakan salah satu bagian penting dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Terlebih di saat pandemi Covid-19, sektor perikanan adalah salah satu sector yang diandalkan untuk mendukung penguatan ekonomi masyarakat.

“Terkait hal ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah berupaya mendorong nelayan untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas hasil perikanan disertai dengan terjalinnya kemitraan usaha nelayan kecil yang merupakan salah satu bentuk dari ekonomi kerakyatan,” paparnya.

Menurutnya, selain fasilitasi bantuan pendanaan dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah juga melakukan penguatan terhadap peran kelembagaan nelayan, fasilitas kemitraan usaha untuk memasarkan hasil tangkapan serta pemberian asuransi nelayan gratis.

“Sektor perikanan tangkap memiliki banyak potensi yang bisa dikelola melalui jalinan kemitraan usaha. Jadi, diharapkan para nelayan dapat mengambil peluang ini dalam upaya pengembangan usaha perikanan tangkap yang dimiliki,” ucap Algafry.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Taufik mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Perikanan bertujuan menjembatani nelayan dengan perbankan dalam hal ini Bank Sumsel Babel mengenai pemanfaatan dana KUR yang ada.

“Kemajuan nelayan Bangka Tengah merupakan hal yang penting sehingga melalui sosialisasi dan fasilitasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi para nelayan agar bisa memanfaatkan peluang untuk lebih mengembangkan usaha perikanannya,” ucap Taufik.

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm