Ilustrasi Hand Grip di interior mobil (rakuten.com)
Ilustrasi Hand Grip di interior mobil (rakuten.com) ( kompas.com)

Jangan Salah Paham, Ini Fungsi Dari Pegangan Tangan di Kabin Mobil

26 November 2021 19:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika memasuki kabin mobil, nampak interior yang dipasangi sejumlah komponen pelengkap. Contohnya seperti pegangan tangan yang menempel di dinding atas kabin.

Sesuai namanya, hand grip berfungsi sebagai pegangan tangan ketika mobil melaju dalam keadaan tertentu. Penumpang bisa mempertahankan posisi duduknya supaya tidak mudah bergeser akibat gaya sentrifugal.

Hal tersebut turut dijelaskan Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, bahwa hand grip berperan dalam aspek keselamatan karena bisa menjadi pegangan untuk menahan posisi duduk.

“Seperti yang kita ketahui, manuver yang dilakukan oleh pengemudi dapat mengubah posisi duduk para penumpang. Apalagi saat melewati jalan rusak atau kondisi yang menurun,” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Walau ditujukan sebagai pegangan untuk mempertahankan posisi duduk, hand grip tidak ditujukan bagi si pengemudi. Didi mengatakan, kedua tangan pengemudi harus selalu memegang setir. Itu sebabnya pada sebagian mobil, hand grip di sisi pengemudi ditiadakan.

Selain itu, hand grip juga berguna sebagai alat bantu bagi penumpang untuk keluar masuk kabin mobil. Dengan berpegangan pada hand grip, tentu penumpang tidak akan mudah jatuh saat keluar dari kabin.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, memegang hand grip dalam jangka waktu lama hingga hitungan puluhan menit saat mobil tengah melaju kurang disarankan.

Walau bukan suatu masalah, lebih disarankan penumpang menaruh tangan pada arm rest demi kenyamanan. Hand grip hanya difungsikan sebagai alat bantu keluar masuk kabin atau saat gaya sentrifugal dirasa cukup besar hingga penumpang sering mudah bergeser dari tempat duduknya.

“Pegangan boleh saja, tapi apa tidak pegal kalau sepanjang perjalanan seperti itu? Kalau untuk masalah keselamatan malah lebih penting menggunakan seat belt. Hand grip biasanya dipagai sebagai akses masuk atau keluar mobil agar lebih mudah,” kata Anjar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Salah Paham, Ini Fungsi Pegangan Tangan di Kabin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/26/141200115/jangan-salah-paham-ini-fungsi-pegangan-tangan-di-kabin-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm