Ganti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian.(Otomania-Donny Apriliananda)
Ganti knalpot mobil butuh perhatian di banyak bagian.(Otomania-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Knalpot Mobil mengalami Nembak-nembak, Ini Yang Jadi Penyebabnya

28 November 2021 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika mengendarai mobil, kadang-kadang merasakan kondisi di mana tenaga mengentak diikuti suara meletup dari knalpot. Keadaan semacam ini bisa jadi membuat tidak nyaman, termasuk mengganggu lingkungan sekitar.

Kondisi ini sering dikenal gejala mobil yang "menembak". Tentu ini bukan hal yang normal. Pemilik mobil harus segera menyelesaikan permasalahan ini sebelum gangguan merembet ke bagian lain.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, penyebab hal ini terjadi lantaran adanya pembakaran tidak sempurna atau misfire.

Butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan komponen apa yang mengalami gangguan, sehingga mengakibatkan mobil menembak.

“Ada misfire seperti timing tidak tepat, kurang bahan bakar atau kelebihan bahan bakar, coil mati sehingga BBM terbakar di knalpot. Terkait komponennya ada banyak, bisa coil yang rusak, busi, injektor dan lainnya,” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Soal rekomendasi penangannya, mudahnya segera bawa ke bengkel untuk mencari penyebab misfire-nya,” tambahnya.

Sementara itu, Nurrahmad Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, menjelaskan bahwa mobil yang sudah mengadopsi teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) jarang mengalami penyakit menembak.

Hal tersebut bisa terjadi karena kondisi busi sudah tidak baik, percampuran bahan bakar tidak ideal, dan biasanya hal tersebut terjadi pada mobil dengan sistem karburator sebagai penyuplai bahan bakar.

“Sementara buat yang sudah EFI jarang knalpot menembak. Kecuali, ada modifikasi pada knalpot yang menyebabkan sistem peredam gas buangnya tidak baik,” kata Adi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Knalpot Mobil Nembak-nembak, Ini Penyebabnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/28/114100815/knalpot-mobil-nembak-nembak-ini-penyebabnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm