SonoraBangka.id - Prestasi kembali di raih PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP Nonpetikemas) dengan mendapatkan penghargaan peringkat Perak dalam SNI Award 2024.
Penghargaan ini diraih untuk kategori Organisasi Menengah dan Besar Jasa pada acara yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21 November 2024.
Acara ini menjadi bagian dari rangkaian Bulan Mutu Nasional dan diikuti oleh 251 organisasi dari berbagai sektor. Tema yang diusung kali ini adalah “Standardisasi untuk Transformasi Ekonomi yang Berkelanjutan.”
Ketua BSN, Kukuh S. Achmad, menjelaskan bahwa penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) memberikan manfaat besar bagi pelaku usaha.
“Penerapan SNI tidak hanya membantu pelaku usaha meningkatkan efisiensi dan kualitas produk, tetapi juga memperkuat posisi mereka di pasar internasional."
"Ini menjadi bagian dari dukungan kami untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8% sebagaimana tercantum dalam Asta Cita Presiden,” ungkapnya.
Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen PTP Nonpetikemas dalam menjaga standar layanan yang berkualitas.
Dalam kategori penghargaan tersebut, penilaian mencakup berbagai aspek seperti kepemimpinan, strategi, manajemen sumber daya, hingga hasil kinerja perusahaan.
Standar ini diterapkan dalam berbagai lini bisnis perusahaan, mulai dari produksi jasa hingga pemasaran.
Dengan langkah ini, PTP Nonpetikemas berhasil meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas akses pasar, dan memperkuat sinergi dengan para pemangku kepentingan.
Direktur Utama PTP Nonpetikemas, Indra Hidayat Sani, menyampaikan rasa optimisme terhadap keberlanjutan pencapaian ini.
“Melalui pencapaian anugerah SNI Award, PTP Nonpetikemas yakin dapat meraih kemajuan yang berkelanjutan di masa depan."
"Melalui pencapaian SNI Award, PTP Nonpetikemas ingin membuktikan komitmen sebagai terminal operator nonpetikemas yang memenuhi standar nasional yang juga sejalan dengan harapan pengguna jasa serta stakeholder terkait,” jelasnya.
Sejak tahun 2021, PTP Nonpetikemas konsisten mempertahankan peringkat Perak dalam SNI Award.
Kesuksesan ini diperoleh berkat penerapan standar SNI/ISO, termasuk ISO 9001:2015, ISO 45001:2018, dan ISPS Code.
Sistem manajemen ini mendukung efisiensi operasional, pengendalian risiko, dan peningkatan mutu pelayanan yang berdampak positif bagi perusahaan dan mitranya.
Fiona Sari Utami, Sekretaris Perusahaan PTP Nonpetikemas, menekankan bahwa penghargaan ini mencerminkan kemampuan perusahaan dalam mengelola perubahan dan menjalankan transformasi organisasi.
“Konsistensi PTP Nonpetikemas dalam mempertahankan perolehan penghargaan SNI Award dalam empat tahun berturut peringkat Perak merupakan bukti nyata bahwa Perusahaan telah menerapkan SNI/ISO dan menunjukkan pencapaian kinerja tinggi,” ujarnya.
Upaya ini membuktikan bahwa standar kualitas dan transformasi bisnis dapat berjalan seiring untuk mencapai hasil yang maksimal.
Dengan komitmen untuk terus menerapkan standardisasi, PTP Nonpetikemas berperan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.
Artikel ini telah terbit di https://www.kabarbumn.com/rilis-bumn/115342879/ptp-nonpetikemas-kembali-raih-peringkat-perak-di-sni-award-2024-komitmen-pada-standardisasi-nasional-yang-berkelanjutan?page=2