Find Us On Social Media :
Ilustrasi olahraga jalan (thinkstock via KOMPAS.com)

Olahraga Dapat Menangkal Berbagai Penyakit , Termasuk Kanker Kolon

Riska Tri Handayani Jumat, 11 September 2020 | 08:04 WIB

SonoraBangka.id - Olahraga sangat penting untuk menjaga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, waktu remaja banyak aktifitas fisik yang kita lakukan di sekolah seperti olahraga lari, basket dan lainnya.

Sementara saat ini, perilaku kehidupan modern seringkali membuat banyak orang minim melakukan aktivitas fisik,  baik itu aktivitas fisik karena bekerja maupun berolah raga.

Kemudahan dalam kehidupan sehari-hari karena bantuan teknologi dan minimnya waktu karena banyaknya kesibukan, telah menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat.

Sebuah studi yang diterbitkan di British Journal of Cancer menghasilkan bahwa mempertahankan kebiasaan berolahraga sejak usia remaja bisa membuat kita terhindar dari risiko penyakit di usia tua, seperti penyakit kanker kolon atau kanker usus besar.

Para peneliti menganalisis data pada 28.250 wanita berusia 25-42 tahun, lalu meneliti efek jangka panjang dari aktivitas fisik, nutrisi, dan hormon, di antara faktor kesehatan lainnya.

Studi ini meninjau data dari Nurses Health Study II, salah satu temuan yang mengungkap risiko penyakit kronis utama.

Peneliti menemukan, partisipan yang melaporkan sedikitnya satu jam aktivitas fisik per hari saat mereka berusia 12-22 tahun memiliki risiko lebih kecil terkena adenoma (polip yang dianggap sebagai penyakit awal kanker kolorektal) sebesar 7 persen.

Hasil itu lebih baik dibandingkan partisipan yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Kemudian, partisipan yang aktif berolahraga, baik sejak usia remaja hingga usia dewasa, mereka menurunkan risiko adenoma hingga 24 persen.

Sementara itu, partisipan yang melakukan aktivitas fisik di masa dewasa menurunkan risiko adonema hingga 9 persen.