SONORABANGKA.ID - Masih banyak yang beranggapan bahwa mobil bertransmisi manual mempunyai tingkat keawetan komponen lebih baik dibandingkan dengan mobil bertransmisi otomatis.
Walau begitu, tiap-tiap komponennya juga mempunyai masa pemakaiannya tersendiri dan harus diganti bila sudah tidak bisa bekerja optimal.
Selain perawatan yang rutin, perilaku atau cara berkendara juga berpengaruh terhadap tingkat keawetan komponen.
Pada mobil manual, ada beberapa komponen yang rawan mengalami kerusakan seiring dengan penggunaannya.
Berikut beberapa komponen mobil manual yang rawan rusak
Komponen yang juga dikenal dengan nama clutch disc ini mempunyai peran yang cukup vital pada mobil manual.
Perangkat yang berbentuk piringan ini membantu mesin pada saat menyalurkan tenaga ke bagian penggerak roda.
Seiring dengan penggunaannya, komponen ini juga akan mengalami keausan. Selain masa usia yang wajar, keausan kampas kopling ini juga dipengaruhi oleh cara berkendara.
Suparna sebagai Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, usia rata-rata kampas kopling adalah 80.000 kilometer.