Find Us On Social Media :
Presiden Jokowi saat meresmikan Pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/01/2021). (Humas Setkab RI/Jay)

Presiden Jokowi Dorong Pembangunan Pertanian dengan Skala Lebih Luas

Yudi Wahyono Senin, 11 Januari 2021 | 15:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan Pertanian Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Presiden Jokowi menyampaikan, pembangunan pertanian harus dilaksanakan dalam skala ekonomi yang lebih luas.

Sebab, Menurut Jokowi, hal ini dapat dilakukan salah satunya dengan pengembangan kawasan lumbung pangan atau food estate.

“Kita harus membangun sebuah kawasan yang economic scale, enggak bisa kecil-kecil lagi. Oleh sebab itu, kenapa saya dorong food estate ini harus diselesaikan, paling tidak tahun ini yang di Sumatra Utara, yang di Kalimantan Tengah itu selesaikan,” ungkap Presiden.

Ia menegaskan, pembangunan pada sektor pertanian ini tidak dapat dilakuan dengan cara-cara yang konvensional, rutinitas, dan monoton, melainkan dengan menerapkan teknologi pertanian.

Ia menambahkan, pembangunan pertanian dengan skala yang lebih luas dan penerapan teknologi pertanian ini merupakan jawaban untuk meningkatkan daya saing harga produk komoditas pangan lokal karena biaya produksi dapat menjadi lebih murah.

Untuk itu, Presiden Jokowi mendorong agar pengembangan lumbung pangan yang sedang dilakukan di Sumatra Utara dan Kalimantan Tengah dapat diselesaikan tahun ini untuk kemudian dievaluasi dan dijadikan contoh untuk daerah lainnya.

“Kita mau evaluasi problemnya apa, masalah lapangannya apa, teknologinya yang kurang apa. Ini akan menjadi contoh nanti kalau ini benar, bisa dijadikan contoh semua provinsi, sudah datang kopi saja, tapi memang dalam sebuah skala yang luas, economic scale,” ungkapnya.