Find Us On Social Media :
Melati Wijsen dalam kampanye Buy Better, Wear Longer (Levi's)

Dengan Memakai Pakaian Lebih Lama, Bisa Selamatkan Lingkungan !

Riska Tri Handayani Rabu, 28 April 2021 | 15:38 WIB

SonoraBangka.id - Dalam hal melestarikan lingkungan hidup, apa yang bisa kita lakukan ?

Salah satu jawabannya adalah membatasi konsumsi barang-barang yang kelak akan menjadi limbah bagi Bumi, mulai dari plastik hingga busana.

Dalam hal busana, hal ini bisa dilakukan dengan memilih pakaian yang berkualitas dan benar-benar kita sukai sehingga kita bisa memakainya lebih lama.

Bukan jenis pakaian yang hanya dipakai sekali dua kali lalu dilupakan. Berdasarkan pemikiran tersebut, pada tanggal 19 April, Levi’s meluncurkan kampanye baru musim semi - “Buy Better, Wear Longer” - untuk menunjukkan tanggung jawab brand tersebut terhadap dampak lingkungan dari produksi dan konsumsi pakaian.

“Denim Levi’s bertujuan untuk dipakai dari generasi ke generasi. Kami mendorong konsumen agar lebih cermat memilih pakaian mereka, dan memakainya lebih lama."

"Caranya bisa dengan membeli pakaian secondhand atau meng-upgrade pakaian untuk memperpanjang masa pakainya,” kata Jennifer Sey, Brand President Levi's.

Dalam kampanye ini Levi's menggandeng para pelaku perubahan yang menginspirasi seperti Jaden Smith, Xiye Bastida, Xiuhtezcatl, Emma Chamberlain, Marcus Rashford MBE, dan Melati Wijsen dari Indonesia.

“Kami melihat suara kami pada para perwakilan pemimpin muda ini.

Perubahan akan datang jika kita semua bekerja sama dan kita dengan senang hati bermitra dengan mereka untuk mengurangi dampak kolektif kita terhadap planet ini,” jelas Sey.

Kampanye Buy Better, Wear Longer juga melibatkan proses produksi yang lebih berkelanjutan lewat pemakaian material ramah lingkungan seperti Cottonized Hemp dan Organic Cotton, serta mengurangi penggunaan air.

Menurut Levi's, 76% dari semua produk Levi Strauss & Co., dan 70% dari semua bawahan Levi's dan Jaket Trucker sekarang dibuat menggunakan teknologi Water yang menghemat lebih dari 4 miliar liter air dan menghasilkan hampir 10 miliar liter air daur ulang sejak pertama kali diperkenalkan.

Mengapa hal ini dianggap penting?

Menurut catatan, produksi dan konsumsi fashion telah mencapai tingkat yang tidak berkelanjutan, di mana antara tahun 2005 dan 2020, konsumsi pakaian global meningkat dua kali lipat.

Kita memiliki lebih banyak pakaian di lemari, daripada yang kita butuhkan. Sedikit saja pakaian tersebut yang kita pakai dalam waktu lama.