Find Us On Social Media :
Ilustrasi aplikasi cuaca. (kotoffei/iStock)

5 Aplikasi Cuaca Gratis ,untuk Melihat Cuaca pada Windows 10

Rudi Hermawan Rabu, 7 Juli 2021 | 16:23 WIB

Bangkasonora.ID - Cuaca merupakan salah satu faktor yang memengaruhi aktivitas yang akan dilakukan berbagai orang pada umumnya, utamanya ketika aktivitas tersebut dilakukan di luar rumah/ruangan. Aktivitas olahraga seperti berjalan dan berlari di luar ruangan misalnya tentu tidak nyaman dilakukan ketika hujan deras. Bukan tidak mungkin, Anda justru menjadi sakit alih-alih sehat ketika melakukannya.

Tersedia aneka aplikasi maupun situs yang menyediakan informasi mengenai cuaca, tidak hanya saat ini melainkan juga prakiraannya untuk beberapa waktu yang akan datang. Meski tidak dijamin 100% akurat, dengan melihat prakiraan cuaca yang dihadirkan, Anda sewajarnya bisa menyusun rencana aktivitas yang akan dilakukan dengan lebih baik. Mengambil contoh berjalan dan berlari di luar ruangan tadi, Anda bisa mengganti rencana melakukannya dengan aktivitas olahraga lain di dalam ruangan apabila prakiraan cuaca menunjukkan akan hujan.

Berikut ini Bangkasonora.ID tampilkan lima aplikasi untuk Windows 10 yang menawarkan informasi cuaca, termasuk prakiraannya, secara gratis. Aneka aplikasi ini bisa menjadi referesni bagi Anda dalam memilih aplikasi cuaca di Windows 10 apabila Anda ingin mendapatkan informasi cuaca secara langsung dan gratis pada Windows 10 yang digunakan.

1. MSN Weather

Yang pertama tentu saja adalah MSN Weather alias Weather. Aplikasi ini secara default tersedia pada Windows 10 masa kini. Pertama kali membuka MSN Weather, kemungkinan Anda akan diminta mempersonalisasi “akun” yang digunakan. Anda akan diminta untuk memilih satuan suhu yang digunakan dan kota yang ingin ditampilkan informasi cuacanya. Namun, MSN Weather pada salah satu komputer Windows 10 lain yang InfoKomputer gunakan senantiasa meminta lokasi setiap kali dibuka. Lokasi default sendiri tentunya bisa diatur pada Settings.

 
 
MSN Weather.

Setelah memasukkan pilihan yang diinginkan, Anda akan disuguhi informasi cuaca saat itu serta prakiraan cuaca untuk beberapa hari ke depan. Begitu pula prakiraan cuaca untuk beberapa jam ke depan. Terdapat juga informasi mengenai suhu tertinggi dan terendah maupun curah hujan tertinggi yang tercatat sampai saat bersangkutan. Anda pun tentunya bisa meletakkan MSN Weather sebagai Live Tile di Start Menu agar lebih mudah dan cepat melihat cuaca saat ini dari kota pilihan.

2. SimpleWeather

SimpleWeather bisa diunduh melalui Microsoft Store. Anda bisa mengetikkan kata kunci “SimpleWeather” di kotak pencarian atau search. Menjalankan SimpleWeather pertama kalinya — setelah selesai mengunduh dan menginstalnya, mirip dengan MSN Weather; Anda akan diminta untuk memasukkan lokasi yang diinginkan. Terdapat opsi untuk menggunakan lokasi saat ini, tetapi akses ke lokasi tentunya harus telah diaktifkan terlebih dahulu. Setelah memasukkan lokasi, SimpleWeather akan meminta Anda untuk menentukan satuan suhu yang diinginkan serta interval pembaruan informasi alias update informasi yang dikehendaki. Begitu pula dengan apakah Anda ingin mendapatkan notifikasi bila ada informasi cuaca yang penting.

 
SimpleWeather.

Setelahnya, SimpleWeather akan menampilkan informasi cuaca terkini beserta prakiran untuk beberapa hari ke depan. Bila Anda membutuhkan prakiran cuaca untuk beberapa jam yang akan datang, SimpleWeather pun menyediakannya. Menariknya terdapat pula radar cuaca dan kualitas udara. Yang terakhir ini menunjukkan penilaian kualitas udara apakah masih bagus atau sudah kurang bagus akibat polusi yang tinggi. Seperti MSN Weather, SimpleWeather juga bisa diletakkan sebagai Live Tile di Start Menu.

 

3. Strawberry Weather