Find Us On Social Media :
Rak-rak display minyak goreng di sejumlah toko ritel modern di Kota Sungailiat, Bangka yang tampak kosong, Rabu (19/1/2022). (Bangkapos/Arya Bima Mahendra)

Harga Minyak Goreng Turun Jadi Rp14 Ribu/Liter, Hingga Rak Sejumlah Toko Ritel Modern Kosong

Ria Kusuma Astuti Kamis, 20 Januari 2022 | 07:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perdagangan Republik Indonesia telah mengeluarkan kebijakan menurunkan harga minyak goreng secara merata menjadi Rp14 ribu per liter.

Ketentuan itu mulai diberlakukan pada hari Rabu (19/1/2022) sebagai upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan bahan pokok masyarakat dengan harga terjangkau.

Akibatnya, masyarakat pun berbondong-bondong datang ke toko ritel modern guna mendapatkan minyak goreng tersebut.

Bahkan, toko ritel modern yang ada di Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka kehabisan stok minyak goreng dari tadi siang.

Rak-rak display yang biasanya tersusun rapi minyak goreng dengan beragam merek, tampak kosong lantaran sudah ludes dibeli masyarakat.

Di lain sisi, label price (label harga) di rak-rak tersebut bertuliskan angka Rp28 ribu per dua liter untuk semua merek minyak goreng seperti Sanco, Bimoli, Fortune, Sania dan Tropical.

Dengan begitu, dapat diketahui bahwa harga minyak goreng memang sudah disetarakan menjadi Rp14 ribu per liter.

"Minyak goreng habis ya bang," tanya seorang ibu-ibu kepada pramuniaga Indomaret Jalan Pahlawan 12 Sungailiat.

Tak hanya itu, para pembeli yang memang mayoritas berasal dari kalangan ibu-ibu datang silih berganti ke toko tersebut untuk mencari minyak goreng.

Beberapa di antaranya justru dengan sengaja pergi ke banyak toko untuk mencari minyak goreng yang kini sudah turun harga itu, walaupun terkadang mereka terpaksa keluar dengan tangan kosong.