Find Us On Social Media :
Tarawih pertama di Masjid Hagia Sophia setelah 88 tahun (Daily Sabah)

Pertama dalam 88 Tahun Terakhir, Hagia Sophia Menggelar Salat Tarawih

Riska Tri Handayani Jumat, 8 April 2022 | 08:06 WIB

SonoraBangka.id - Pertamanya dalam 88 tahun, masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki, mengadakan salat Tarawih, pada Jumat (1/4/2022) malam.

Adapun shalat Tarawih merupakan ibadah sunnah (dianjurkan) atau sunnah mu'akkad (sangat dianjurkan) yang dilakukan umat Islam hanya saat bulan Ramadhan, sebanyak 11 atau 23 raka'at.

Mengutip Daily Sabah, Minggu (3/4/2022), sejumlah agenda yang berkaitan dengan Bulan Suci Ramadhan juga akan diadakan di sana.

dok. thenationalnews.com

Untuk diketahui, Hagia Sophia memiliki sejarah panjang sejak dibangun pertama kali pada abad ke-6, serta melalui sejumlah renovasi dan perluasan.

Awalnya, Hagia Sophia dibangun sebagai gereja Church of Holy Spirit atas perintah Kaisar Bizantiun Justinian I, melansir Kompas.com (11/7/2020).

Lalu, pada masa penaklukan Ottoman di Istanbul pada 1453, bangunan ini berubah fungsi menjadi masjid.

Sehingga dipercantik dengan arsitektur yang menampilkan elemen khas Kesultanan Ottoman.

dok. AP Photo/Emrah Gurel
Salat tarawih di Hagia Sophia

Kemudian pada tahun 1934, Hagia Sophia diubah menjadi museum. Kendati diubah, dekorasi asli berupa mosaik bunga dan geometris dari abad ke-7 masih dipertahankan.

Sampai akhirnya Hagia Sophia kembali mendapatkan status sebagai masjid pada tahun 2020, tepatnya saat dibuka untuk beribadah pada 24 Juli 2020. 

Namun karena pembatasan akibat Covid-19 di Turki, masjid tersebut tidak dapat digunakan sejak pandemi dua tahun lalu untuk mengantisipasi penyebaran virus.