Find Us On Social Media :
Ilustrasi (Kompas.com)

Tips Pintar Keuangan, Ini Cara Diskusi Polemik Keuangan Bersama Suami

Riska Tri Handayani Senin, 20 Juni 2022 | 12:19 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya bagi kebanyakan pasangan, mendiskusikan keuangan dengan calon suami atau istri rasanya tidak nyaman, ya?

Banyak faktor yang membelakanginya, misalnya pemikiran konservatif mengenai keuangan, seperti tabu atau sebagai tanda kalau masing-masing pasangan tidak saling percaya.

Padahal, ketika kita membangun sebuah hubungan yang serius dan memiliki rencana untuk bersama-sama naik ke jenjang berikutnya, artinya harus serba terbuka diri kita.

Mulai dari  kebiasaan buruk, kebiasaan baik, hal-hal yang tidak disukai, dan hal yang tidak disukai.

Termasuk juga dengan kondisi keuangan, mulai dari tanggungan, penghasilan, jumlah utang, dan hal lainnya.

Padahal menurut perencana keuangan Finansialku Rista Zwestika Reni, CFP ketika membahas keuangan dengan calon pasangan suami atau istri, masing-masing bisa mengerti permasalahan keuangan dan kemudian bisa sama-sama mencari jalan keluarnya.

Bukan hanya itu, ada beberapa benefit dan dampak positif yang akan didapatkan kalau masing-masing pasangan mau terbuka mengenai masalah keuangan mereka, seperti berikut ini.

Sementara itu, ada beberapa dampak atau risiko yang dihadapi oleh setiap pasangan jika sejak awal tidak terbuka secara finansial sebelum menikah.

Permasalahan Dasar

Bicara mengenai finansial keluarga, maka tidak akan pernah lepas dari pembahasan soal income istri yang lebih besar daripada suami.