Find Us On Social Media :
Ilustrasi Anak-anak sehat (Shutterstock)

Beberapa Hal Ini Harus Diperhatikan Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

Riska Tri Handayani Jumat, 29 Juli 2022 | 13:30 WIB

SonoraBangka.id - Sebagai orang tua, penting memberikan lingkungan yang nyaman dan aman agar tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Pasalnya di masa pertumbuhan dan anak sedang gencar-gencarnya berinteraksi, bukan hanya anggota keluarga yang mampu memberikan dukungan, tapi juga faktor pendukung dari lingkungan.

Salah satunya dengan dukungan dari komplek atau area hunian yang dipenuhi area hijau.

“Orang tua yang mengetahui beberapa hal dalam menata hunian agar tumbuh kembang anak terbentuk optimal, yaitu memperhatikan faktor keamanan juga kesehatan,”

“Maksimalkan ventilasi cahaya dan udara, termasuk sanitasi dan sumber airnya,” ucap dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc., Sp. A, Dokter Specialist Anak dalam acara forum diskusi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Hunian Sehat dan Asri Synthesis Huis, Selasa (26/7).

Tak hanya itu, Denta juga menjelaskan orang tua juga wajib menjaga keamaan dari segi material seperti railing pada tangga sampai karpet.

Sehingga keputusan untuk memilih hunian yang cocok, aman, dan nyaman perlu dipikirkan sambil melibatkan masa depan anak dalam tumbuh kembangnya.

“Cermati lokasinya, apakah dekat fasilitas kesehatan (rumah sakit), sekolah, dan aksesnya mudah dijangkau. Pertimbangkan juga jarak antara rumah dengan kantor. Interaksi anak dan orang tua juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak jangka panjang,” jelasnya.

Hal ini lantas dipertimbangkan langsung oleh PT Synthesis Karya Pratama melalui Synthesis Huis yang berfokus pada pengoptimalan konsep lingkungan sehat.

Sembari memeringati bulan Hari Anak Nasional, Synthesis Huis berupaya mendukung tumbuh kembang anak mengoptimalkan penataan lingkungan dari berbagai hal.