Find Us On Social Media :
Ganti oli mesin (Innova Community ) (kompas.com)

Benar atau Tidak, Menggunakn Oli Encer Bikin Mobil Lebih Irit BBM?

Oliver Doanatama Siahaan Kamis, 8 September 2022 | 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Ritual mengganti oli mesin jadi salah satu perawatan wajib yang harus dilakukan pemilik mobil.

Oli bertugas melumasi dan melindungi komponen utama mesin sampai celah terkecil. Karena itu, satu hal yang juga harus diperhatikan adalah soal kekentalan oli. 

Selain bisa menjangkau celah-celah terkecil antar komponen, oli yang encer dianggap bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar mesin. Sebab, dinilai membuat tarikan mesin jadi enteng.

Lantas apakah benar demikian? 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Harianto mengatakan, oli encer bukan berarti putaran piston dan komponen utama mesin lebih cepat. Satu keunggulan pasti, pelumasan komponen mesin makin sempurna. 

"Saat pelumasan mesin berlangsung, sirkulasi oli bisa menutup celah komponen dengan cepat. Celah crankshaft dan piston yang terlumasi sempurna, gesekan keduanya bisa di kurangi," ucap Teguh kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Oli encer sesuai spesifikasi kompresi, ditambah bahan bakar berkualitas, pembakaran dalam ruang bakar berlangsung singkat. 

Alasannya, perhitungan rasio kompresi mesin dan kebutuhan bahan bakar seimbang. Dengan demikian, waktu pengapian mesin posisinya tetap stabil. 

"Bahan bakar mesin bisa irit karena timming pengapian tidak berubah. Penyebab bahan bakar boros biasanya karena timming mundur, otomatis ECU menyesuaikan," kata Teguh.

Menurutnya, dalam hitungan waktu 1-3 menit sudah terjadi proses ledakan pada ruang bakar.