Find Us On Social Media :
Ilustrasi TV di dinding, menempatkan TV di dinding. (SHUTTERSTOCK/EARLY SPRING) (KOMPAS.COM)

Cara Tepat Meletakkan TV di Ruang Tamu Berdasarkan Feng Shui

Oliver Doanatama Siahaan Senin, 7 November 2022 | 21:46 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Televisi (TV) menjadi peralatan yang sering ada di ruang tamu. Biasanya, TV diletakkan di dinding atau buffet yang menempel ke dinding. 

Tapi, dalam feng shui, penempatan di ruang tamu tidak boleh dilakukan sembarangan. Menurut feng shui, Anda harus berusaha menjaga rumah tetap sederhana dan bebas dari kekacauan untuk mempromosikan kehidupan yang harmonis. 

Ahli feng shui modern, Dana Claudat, mengatakan televisi adalah energi kacau yang dapat mengganggu kesehatan dan lingkungan, terutama di tempat berkumpul serta istirahat.

Walau begitu, keseimbangan tetap dapat dicapai dengan penempatan furnitur yang tepat dan desain yang menekankan aliran yang baik ke seluruh rumah.

Dilansir dari House Digest, Senin (7/11/2022), berikut cara tepat meletakkan TV di ruang tamu menurut feng shui.  Baca juga: 5 Penyebab Warna pada Layar TV LED Berubah atau Tidak Normal Feng shui ruang tamu

Ruang tamu biasanya diisi dengan beberapa perabot, tetapi sofa dan TV paling menonjol. Menempatkan TV di seberang sofa adalah posisi ideal untuk menonton dan menggabungkan keseimbangan.

Ukuran suatu barang juga mempengaruhi energi suatu ruangan sehingga ukuran TV perlu proporsional dengan ruang dan furnitur lainnya.

Aturan penting lainnya adalah tidak meletakkan TV di depan jendela. Dalam feng shui, hal ini menciptakan kerentanan dan menghilangkan aliran getaran positif. 

Selain itu, perhatikan kekacauan karena ini dapat menghancurkan chi baik. Jadi, pastikan menemukan cara menjaga ruangan tetap rapi. 

Bila masih tidak yakin di mana harus meletakkan TV di ruang tamu, lihat peta bagua (energi). Alat feng shui ini menggunakan lima elemen dalam feng shui, yakni air, api, kayu, tanah, dan logam, dengan arah mata angin (seperti kompas) sebagai garis besar energi di rumah.