Find Us On Social Media :
Ilustrasi YouTube. Lebih dari 25 juta orang Indonesia streaming Youtube di TV, Ini 3 kategori yang paling digemari (KOMPAS.com)

Pendapatan Iklan YouTube Turun, Karena TikTok?

Marselus Wibowo Selasa, 7 Februari 2023 | 10:13 WIB

SonoraBangka.ID - Pendapatan YouTube tercatat melesu dibanding tahun sebelumnya. Hal ini diketahui melalui laporan keuangan kuartal IV-2022 yang dipublikasi oleh Alphabet, perusahaan induk yang menaungi Google dan YouTube.

Dalam laporan itu, pendapatan iklan YouTube turun 7,8 persen dibandingkan kuartal IV-2021. Sebagai gambaran, pada 2021, pendapatan iklan yang diraup YouTube adalah 8,63 miliar dollar AS (Rp 128,5 triliun kurs Rp 14.890), sedangkan pada 2022, pendapatannya turun menjadi 7,96 miliar dollar AS (Rp 118,5 triliunan).

Dirangkum dari Variety, Senin (6/2/2022), angka ini tidak sesuai dengan target dan harapan dari analis perusahaan. Dikarenakan pendapatan iklan YouTube diharapkan dapat mencapai angka 8,2 milliar dollar AS (sekitar Rp 122,1 triliun) pada kuartal terakhir 2022.

Tidak hanya YouTube, total pendapatan Alphabet secara keseluruhan juga merosot. Angka pendapatan Alphabet tercatat 76,05 miliar dollar AS (Rp 1.132 triliun) pada kuartal IV-2022. Adapun target yang diharapkan adalah 76,58 miliar dollar AS (Rp 1.140 triliun).

Sementara itu, keuntungan bersih Alphabet juga menurun sebesar 34 persen dari tahun sebelumnya di kuartal yang sama.

Pada kuartal IV-2021, keuntungan bersih yang berhasil diraup adalah 20,4 miliar dollar AS (Rp 303,7 triliun). Lalu, keuntungan bersih pada 2022 hanya 13,62 miliar dollar AS (Rp 202,8 triliun).

“YouTube di dua kuartal berturut-turut mengalami penurunan pendapatan iklan, sangat mengkhawatirkan apabila melihat popularitas kompetitor dengan layanan serupa, seperti TikTok dan Facebook Reels (yang juga memiliki) konten video pendek,” ujar analis teknologi dan media dari PP Foresight, Paolo Pescatore.

Bila pernyataan analis di atas sesuai prediksi, kemungkinan besar penurunan pendapatan dari YouTube diakibatkan oleh persaingan ketat dari platform serupa yang turut menawarkan layanan yang sama. Misalnya, TikTok, Instagram Reels, ataupun Facebook Reels.

Meskipun mengalami penurunan pendapatan, namun CEO Google, Sundar Pichai menyebut bahwa jumlah pelanggan YouTube Premium mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

Pada November lalu, perusahaan menyebut pengguna berlangganan dari YouTube Music dan YouTube Premium telah tembus 80 juta pelanggan.