Find Us On Social Media :
Ilustrasi otak (Shutterstock )

Ternyata Mirip Puzzle, Bagaimana Cara Otak Manusia Menyimpan Ingatan?

Riska Tri Handayani Sabtu, 11 Februari 2023 | 10:21 WIB

SonoraBangka.id - Mungkin kebanyakan dari kita tentu tahu bahwa otak adalah pusat sistem saraf manusia, yang mengatur, mengoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh manusia.

Namun, sudah tahu belum, bagaimana cara otak manusia menyimpan ingatan?

Mungkin kita sering kali berpikir bahwa cara otak kita menyimpan memori seperti kotak file, di mana kita membuang ingatan kita, kemudian mencarinya ketika membutuhkan.

Ternyata bukan begitu cara kerjanya.

Para ilmuwan bilang, bahwa ingatan disimpan dalam jaringan neuron yang tersebar di seluruh otak.

Ketika kita mengingat sesuatu, serpihan-serpihan kenangan itu tersebar seperti potongan-potongan puzzle di lantai, dikumpulkan, dan disatukan kembali untuk membuat gambar yang lengkap.

Seperti dikutip dari Health.com, ternyata cara tepat ingatan diciptakan dan kemudian kembali diingat adalah salah satu misteri besar ilmu saraf.

Otak kita bekerja, awalnya dengan memutuskan dulu seberapa penting sebuah memori dengan didasarkan pada suatu konteks, seperti tingkat emosi atau stres saat itu.

“Semakin penting ingatan itu, semakin kuat koneksi sarafnya,” kata Ronald C. Petersen, MD, PhD, direktur Mayo Clinic Alzheimer's Disease Research Center.

Misalnya saat kita pergi ke suatu tempat, dan ada kejadian yang tidak bisa dilupakan seumur hidup kita.