Find Us On Social Media :
Masa depan Uni Eropa sudah jelas: tak ada lagi bensin dan solar di SPBU.(CHOROMORANGE/MICHAEL BIHLMAYER via DW INDONESIA) (KOMPAS.COM)

Mulai Tahun 2035, Hanya Mobil Listrik yang Boleh Melintas di Uni Eropa

Oliver Doanatama Siahaan Kamis, 16 Februari 2023 | 22:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Parlemen Uni Eropa telah mengesahkan, per tahun 2035 hanya mobil bebas emisi yang akan didaftarkan. Di tengah persaingan dengan otomotif listrik China, muncul kontroversi apakah keputusan ini pangkas pekerjaan di Eropa.

Mulai dari tahun 2035, mobil baru yang melintasi jalanan Eropa hanya mobil dan kendaraan komersial kecil yang netral iklim. Tak seorang pun di Parlemen Uni Eropa yang meragukan tujuan dari undang-undang tersebut, yang diputuskan hari Selasa (14/2/2023).

Walau begitu, jalan menuju netralitas iklim pada transportasi darat masih penuh kontroversi. Salah satunya adalah pandangan berbeda tentang konsekuensi undang-undang tersebut terhadap industri mobil di Eropa.

Mayoritas anggota parlemen--Sosial Demokrat, Hijau, dan Liberal--sepakat untuk mendukung penghapusan de facto pemakaian mesin berbahan bakar fosil.

Kendaraan listrik yang sumber energinya mengandalkan baterai atau hidrogen akan mendominasi pasar pada tahun 2035, ungkap anggota parlemen Liberal Jan Huitema, penggagas undang-undang tersebut.

Berlandaskan aturan ini berarti industri otomotif sudah harus melakukan restrukturisasi dan penyesuaian dengan kondisi baru, kata Huitema. Iklim akan terlindungi dan ketergantungan pada negara pemasok bahan bakar fosil akan berkurang.

Hanya kendaraan listrik melintas di Uni Eropa

Peralihan ke kendaraan listrik memiliki keuntungan lain bagi pengendara. "Kami berharap mobil netral iklim menjadi lebih murah. Dan kami harus menawarkan kendaraan dengan harga terjangkau. Biaya pengoperasian mobil listrik sudah lebih rendah daripada mobil bermesin BBM," kata Jan Huitema.

Banyak anggota parlemen dari Partai Konservatif, termasuk Jerman yang memiliki industri mobil yang besar, mengkritik bahwa undang-undang Eropa ini akan secara efektif melarang mesin berbahan bakar fosil.

Alternatif untuk mobil listrik, seperti mesin dengan bahan bakar sintesis, tetapi netral iklim semakin tidak mungkin diwujudkan.