Find Us On Social Media :
Sejumlah penumpang beristirahat di Ruang Tunggu Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (30/1/2023) ()

Pemerintah Siapkan Buffer Zone di Pelabuhan Tanjungkalian, Untuk Urai Kemacetan

Ria Kusuma Astuti Jumat, 7 April 2023 | 16:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Demi mengurai antrean dan kemacetan kendaraan yang ingin menyeberang dari pelabuhan Tanjungkalian Muntok ke Tanjung Api Api Sumatera Selatan, Pemprov Babel melalui Dinas Perhubungan sudah menyiapkan Buffer Zone (Zona Penyangga).

Dengan adanya keberadaan fasilitas, Buffer Zone, didukung oleh Polda Babel dalam upaya memberikan kelancaran arus lalu lintas pengendara saat mudik lebaran nanti.

Kasi Pemanduan Moda, Pengembangan dan Pengendalian, Dishub Babel, Masagus Imron, menyebutkan, pemprov telah menyiapkan Buffer Zone untuk mengurai kemacetan saat arus mudik terjadi di Tanjung Kalian.

"Kita berharap tidak ada lagi mobil berhenti di badan jalan. Kita akan siapkan Buffer Zone agar mereka lebih aman. Totalnya ada 2 Buffer Zone dapat menampung sekitar 700 kendaraan,"ujar Masagus kepada Bangkapos.com, Jumat (7/4/2023).

Ia menuturkan dua Buffer Zone yang disediakan pemerintah berada di lokasi berbeda. Satu berada dekat Pelabuhan Tanjung Kalian dan satu lagi berada di Batu Rakit

"Luas Buffer zone ada yang satu hektar hingga dua hektar. Disamping itu juga kami menyiapkan fasilitas laon seperto rambu portabel, supaya parkirnya sesuai arah dan semuanya teratur," katanya.

Sementara, Wakapolda Babel, Brigjen Pol, Sugeng Suprijanto, mendukung soal pembentukan buffer zone, yang difokuskan untuk menampung kendaraan-kendaran, sehingga tidak terlalu padat, karena diarahkan ke lokasi tersebut.

"Supaya di jalan tidak terlalu menumpuk, ketika terjadi kemacetan kendaraan. Maka akan diarahkan ke buffer zone sehingga di jalan tidak terlalu menumpuk yang menyebabkan kemacetan," ujar Sugeng.

Ia menjelaskan, berdasarkan evaluasi arus mudik tahun lalu yang menjadi sorotan saat pengamanan Idulfitri 2023, masih terjadinya kemacetan kendaraan mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian.

Diharapkannya, dengan adanya buffer zone dapat membantu mengurai kemacetan dan membantu kelancaran mudik lebaran Idulfitri tahun ini.