Find Us On Social Media :
Ilustrasi ayam rica rica kemangi. (DOK.SHUTTERSTOCK/sri widyowati)

Menu Favorit Lauk di Rumah, Berikut Ini 8 Resep Ayam Rica-rica

Julisna Ruswan Selasa, 12 September 2023 | 17:48 WIB

SonoraBangka.id - Ayam rica-rica salah satu olahan ayam khas Manado dengan cita rasa pedas dan gurih. Ayam rica-rica dibuat dengan bahan bawang merah, cabai rawit, bawang putih, jahe, serai, daun salam, perasan jeruk nipis dan kemangi. Simak beberapa resep ayam rica-rica favorit untuk lauk di rumah, berikut selengkapnya.

1. Resep ayam rica-rica simpel

Ayam rica-rica bisa menjadi ide membuat stok lauk di rumah dengan bahan bumbu yang simpel seperti serai, daun pandan, daun jeruk, cabai rawit merah, bawang putih, dan jahe. Bumbu ayam rica-rica tersebut dapat diblender atau diulek sampai halus. 

2. Resep ayam rica-rica kemangi

Masakan diberi daun kemangi memberikan aroma dan rasa semakin nikmat dan khas. Kamu bisa memasukkan daun kemangi dalam masakan ayam rica-rica. Ayam rica-rica kemangi dibuat dengan bahan lain seperti bawang bombai, daun salam, serai, tomat, jahe, kemiri, terasi, kunyit, cabai rawit, cabai besar, dan garam.

3. Resep ayam rica-rica kaya bumbu rempah

Ayam rica-rica khas Manado dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang membuat rasanya semakin nikmat. Bumbu untuk ayam rica-rica, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, lengkuas, jahe, dan kunyit. 

4. Resep ayam rica-rica panggang khas Manado

Ayam rica-rica dapat dipanggang untuk variasi agar tidak bosan, menggunakan teflon atau alat khusus grill. Ayam rica-rica panggang diolesi bumbu yang sudah dihaluskan dan ditumis,

5. Resep ayam rica-rica dibakar atau panggang