SonoraBangka.id - Diketahui, jelang Pilpres 2024, para kandidat bakal calon presiden, terlihat jor-joran, mencitrakan diri untuk merebut hati masyarakat dengan memasang iklan.
Berdasarkan Data dari Ad Library Meta Platform mengungkapkan bahwa belanja iklan politik untuk kubu calon presiden (Capres) Prabowo Subianto jauh lebih tinggi daripada dua kandidat presiden lainnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, menjelang Pilpres 2024.
Belanja iklan politik untuk Prabowo mencapai Rp8,67 miliar dalam periode Agustus 2020 hingga Oktober 2023.
Iklan Prabowo di media sosial milik Meta terpusat di halaman akun "Indonesia Adil Makmur" yang mengeluarkan dana sebesar Rp6,2 miliar. Lebih dari 70 persen dari total belanja iklan Prabowo di platform Meta terpusat di halaman tersebut.
Di sisi lain, belanja iklan politik Ganjar Pranowo dalam kurun yang sama mencapai Rp3,6 miliar.
Total belanja iklan ini berasal dari akumulasi 168 akun yang beriklan dengan nilai belanja iklan yang bervariasi.
Tim Litbang Kompas melaporkan, proporsi belanja iklan terbesar Ganjar Pranowo berasal dari patungan relawan dan pendukung.
Beberapa akun pengiklan terbesar untuk Ganjar Pranowo adalah "Ganjar Nusantara Indonesia," "Melihat Indonesia," dan "GanjarFans."
Sementara itu, belanja iklan politik untuk Anies Baswedan tercatat paling sedikit di antara kedua capres lainnya, yakni sebesar Rp930,5 juta di platform Facebook dan Instagram antara Agustus 2020 hingga Oktober 2023.
Beberapa akun yang berkontribusi besar dalam iklan politik Anies adalah "Unboxing Anies" yang dibuat pada Januari 2022.