Find Us On Social Media :
Program berlangganan mobil Toyota, Kinto, berikan promo menarik selama perhelatan Jakarta Auto Week (JAW) 2022(Kompas.com/Donny) (KOMPAS.COM)

10 Untuk Merek Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2023

Oliver Doanatama Siahaan Selasa, 16 Januari 2024 | 18:19 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota kembali menguasai pasar kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia hingga 32,5 persen sepanjang tahun 2023.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), keadaan tersebut diperoleh usai merek mobil asal Jepang ini mencatatkan total penjualan sebesar 336.777 unit (wholesales).

Angka tersebut naik 1,6 persen dibandingkan kinerja pada tahun lalu, yang mencapai 331.410 unit.

Sementara pada sisi penjualan ritel, perusahaan berhasil menjual 325.395 unit (-1,2 persen yoy). Sehingga menempatkan Toyota sebagai merek mobil paling laris di dalam negeri sepanjang Januari-Desember 2023.

Tepat di bawahnya, ada Daihatsu dengan total penjualan dari pabrik ke diler atau wholesales sebanyak 188.000 unit. Jumlah ini kuasai 19,3 persen dari total pasar otomotif nasional, 1.005.802 unit.

Pada penjualan ritel, Daihatsu berhasil mengemas 194.108 unit, lebih besar dari distribusi mobil ke diler. Tetapi market share perusahaan sedikit turun jadi 18,6 persen.

Dalam periode sama, Honda juga berhasil mengukuhkan posisinya di peringkat ke-3 usai meninggalkan pesaing terdekat yaitu Suzuki dan Mitsubishi Motors.

Tercatat, wholesales Honda mencapai 138.967 unit dan 128.010 unit pada penjualan ritel. Torehan ini membawa perusahaan menguasai 12,5 persen dari total pasar mobil nasional.

Persaingan ketat terjadi di posisi keempat dan kelima, yang mana selisih penjualan ritel dari Suzuki dan Mitsubishi Motors terpaut tipis. Terpantau, Suzuki total penjualan 82.244 unit sementara Mitsubishi 81.792 unit.

Merek mobil asal Korea Selatan, Hyundai pada periode sama juga terlihat sedang gencar berjualan di pasar domestik. Mereka mampu menempati posisi keenam dengan penguasaan pasar 3 persen.